Tutorial dan Panduan serta Cara Instalasi WordPress di Komputer Lokal | Localhost


Untuk melakukan instalasi wordpress di komputer lokal atau localhost sebagai servernya, yang perlu di catat adalah menjalankan program php dan pengolah databasenya, sebab nantinya jika kita melakukan instalasi wordpress di server yang online hal dimaksud tidak berbeda.

Sebelum berlanjut, kadang ada pertayaan buat apa sih kita susah-susah instal wordpress di localhost/ komputer lokal. Jawabanya saya kira sepele saja.

Pertama karena memang penanya tidak tahu proses instalasi wordpress dan ingin belajar yang kedua karena kebutuhan. Dalam artian kita butuh instal wordpress tersebut untuk membuat template atau mengedit template yang telah di sediakan oleh wordpress. Jika memang yang kedua yang menjadi alasan kenapa kita instal wordpress di komputer lokal ini mungkin alasan yang tepat. Ketiga karena kita mau belajar membuat blog dan belajar posting serta mengutak-atik menu yang disediakan oleh wordpress.

Kemudian untuk instalasi wordpress di komputer lokal seperti saya kemukakan tadi bahwa program database yang penting sebab jika tidak, file-file wordpress dengan extensi .php tidak bisa di preview di browser. Sehingga percuma saja kita melakukan edit atau membuat template dengan text editor. Sebagai contoh saja, yang tertarik menggunakan appserver, bisa menggunakan program tersebut untuk menjalankan php dan mysql databasenya. Atau juga bisa menggunakan xampp.

Langkah-langkah instalasi wordpress di kompuer lokal :

Pertama saya sarankan anda menggunakan dreamweaver sebagai text editor karena cukup mudah di pelajari. Kemudian setelah program dreamweaver terinstal, lakukanlah instalasi appserver/ xampp. Saya menggunakan appserver “appserv-win32-2.5.5”. sebab disamping software ini telah tersedia program apache dan mysql didalamnya, ukuran filenya pun hanya kecil di banding manfaatnya yang besar.

Cara instal appserv-win32-2.5.5 :

Dobel klik “appserv-win32-2.5.5.exe” ikuti perintahnya dengan klik “next” dan “next” lagi. Jika diminta lokasi folder tempat instalasi tersebut, pilih sessuka anda (jika komputer anda memakai system freezer, jangan instal di C:/), sehingga nanti akan terletak di “folder_tempat instal:/appserv” jika instal di disk D:/, maka =”d:/appserv”.

Selanjutnya klik “next” lagi. Jika sampai pengisian “user” dan “password” sebaiknya di kosongi semua. Supaya nanti kita bisa merubah sesuai kehendak kita dan memang sebaiknya jangan diisi. Klik “next” lagi. Setelah selesai, jalankan appserver dari “start-program-Appserv-lalu sorot manual control server dan klik apache start” kemudian muncul jendela hitam, diminimize saja. Lalu klik lagi “start-program-Appserv-lalu sorot manual control server dan klik mysql start” lalu jendela hitam di minimize lagi.

Setelah itu klik lagi “start-run” ketik “cmd” lalu akan muncul lagi jendela hitam dengan tulisan : c:\ documents and settings\.. , ketik D:\ jika tadi instal appserv di D:\, jika di E:\ maka ketik E:\ begitu seterusnya.

Sebagai contoh tadi instal nya di D:\ anggap saja anda ketik D:\ lalu tekan enter. Selanjutnya di bawah tulisan c:\ documents and settings\ akan muncul D:\.

Langkah selanjutnya ketik : cd/appserv/mysql/bin kemudian tekan enter lagi, dan dibawahnya akan muncul : appserv/mysql/bin kemudian ketik : mysql –u root –p dan tekan enter lagi, maka dibawahnya akan muncul tulisan : Enter Password :… ini tak perlu diisi, tekan enter lagi dan di bawah sendiri akan muncul : mysql> ini menandakan bahwa program appserver anda telah berjalan. Lalu minimize lagi jendela tersebut. Untuk mengetes appserver berjalan atau tidak, sekarang bukalah browser anda dan ketik : “localhost” jika berjalan dengan baik maka akan muncul halaman dari Appserv Open Project -2.5.5 for windows, akan tetapi meskipun appserver sudah berjalan dengan baik kadang kala ketika di test di browser tidak mau jalan. Hal ini karena internet koneksi kita belum disetting. Caranya mensetting buka control panel lalu pilih Internet Options, pada jendela yang keluar pilih menu connection lalu klik pada setup. Ikuti terus perintahnya yang berarti mengiakan. Nanti pasti akan berhasil dan keluar halaman seperti pada gambar di atas.

Kemudian sebelum instal wordpress, buatlah folder (ibaratnya anda membuat alamat web/ blog) di dalam folder www yang ada di dalam subfolder instalasi appserv. Jika tadi anda instal appserv di D:/ berarti anda akam mempunyai folder dengan alamat : D:\AppServ\www.., nah didalam folder www tersebut anda harus membuat folder, misalnya anda beri nama : tutorial, berarti alamat web atau blog anda di komputer lokal atau localhost adalah : http://localhost/tutorial dan folder anda terletak di D:\AppServ\www\tutorial. Didalam folder “tutorial” itu nantinya instalasi wordpress anda akan tersimpan.

Sekarang ikuti petunjuk dibawah ini :

Pertama : bukalah browser anda (mozilla, firefox, Internet explore)

Kedua : bukalah windows eksplorer anda

Ketiga : siapkan file wordpress, jika tidak punya file ini bisa di download atau kalau gak mau boleh datang ketempat saya nanti saya kasih he he..he. Jika file wordpress anda berbentuk .rar atau .zip, silahkan di extract dulu. Kemudian file-file yang ada di dalam folder hasil extract-kan tadi anda kopi dan anda paste ke dalam folder “tutorial” yang anda buat di dalam WWW tadi. File-file tersebut antara lain file ber-extensi .php dan html dan beberapa folder (wp-content, wp-admin, dsb) semuanya harus anda copy dan paste kedalam folder “tutorial”.

Untuk memulai instal wordpress, bukalah browser anda, ketik : http://localhost akan muncul halaman seperti di awal tadi

kemudian klik : “phpMyadmin Database Manager Version 2.6.4-pl4”, maka akan muncul halaman untuk membuat database.

isikan pada kolom “ciptakan database baru”atau “create new database” sesuka anda (misal=db-tutorial) akhiri dengan klik “ciptakan” atau “create”.

Ingatlah nama database anda tersebut. Kemudian masih di browser anda ketik : http:localhost/tutorial dan akan muncul halaman yang menyatakan anda tidak mempunyai file wp-config.php, kemudian klik pada tulisan “create wp-config…..”

pada halaman selanjutnya klik “ let’s go!” akan sampai pada halaman yang minta anda isi.

di halaman ini yang perlu anda isi adalah pada :

Database Name : isi dengan database yanga anda buat tadi, yakni : db-tutorial User Name : isi dengan : root

Untuk passwordnya kosongi saja kemudian lainnya itu biarkan seperti pada gambar di atas.

Akhiri dengan klik “submit”. Dan muncul halaman sebagai berikut :

langsung saja klik “run install wordpress” dan akan uncul sebuah halaman yang meminta anda mengisi judul blog dan email anda. Isi terserah anda dan yang perlu di ingat adalah pada bagian e-mail harus benar-benar format sebuah alamat e-mail.

Akhiri dengan klik “install wordpress” dan akan muncul halaman memberi tahu user admin dan pasword anda serta alamat untuk login ke dalam blog local anda.

Biasanya user admin adalah : admin dan catatlah pasword tersebut sebelum nanti anda ganti melalui dashboard anda. Dimana user dan pasword tersebut anda gunakan untuk login di : http://localhost/tutorial/wp-login.php, (ketik pada browser anda) akan muncul halaman login seperti pada umumnya. setelah anda masukkan user dan password anda tadi anda akan sampai pada halaman dashboard (panel control) dari blog anda.

Semoga sukses !!!

UNTUK LEBIH LENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD TUTORIALNYA DIBAWAH INI DALAM FORMAT DOC PDF
***TUTORIAL INSTALASI WORDPRESS***

Posting Komentar

Kritik dan saran sangat berguna bagi saya untuk perbaikan Blog ini,
Terima kasih atas kunjungan anda..

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak