TUTORIAL PEMBUATAN WEBSITE-3

DREAMWEAVER WORK AREA

Kita mulai dengan overview dari dreamweaver work area atau daerah kerja dreamweaver.
• Jika anda belum masuk ke dalam program dreamweaver, klik 2 kali pada icon shortcut dreamweaver atau klik pada start menu pilih program lalu pilih program macromedia dreamweaver 4 , klik 1 kali pada icon dreamweaver 4.
Pada area kerja dreamweaver 4 akan tampak seperti di bawah ini :



• Pada tampilan di atas adalah tampilan dimana dokumen yang akan anda buat dan edit.
• Pada object panel terdapat icon-icon yang dapat anda klik untuk memasukkan object pada dokumen anda dan untuk merubah cara anda dalam pembuatan halaman web.
• Launcher bar terdapat button-button untuk membuka dan menutup panel-panel icon dimana anda sering menggunakannya dalam bekerja.
• Pada property inspector ditampilkan properti-properti dari object atau text yang dipilih dan anda dapat memodifikasi properti tersebut. (contoh = jenis text, ukuran text, dan sebagainya)

Untuk membuka tampilan windows, inspector dan panel-panel, gunakan menu Window. Beri tanda check untuk memilih tampilan mana yang anda perlukan pada tampilan window.

DOCUMENT WINDOW

Pada baris judul dari tampilan document window ditunjukkan judul halaman, nama folder dan nama file ada dalam tanda kurung. Bila file anda belum disimpan akan terdapat tulisan unsaved.
Status bar, didapat pada bagian paling bawah document window, menunjukkan informasi-informasi tentang dokumen yang sedang anda buat.



Pada tag selector menampilkan HTML control pada text atau object yang anda pilih. Klik salah satu text atau object maka pada tag selector akan tampak HTML control, contoh anda dapat mengklik pada dokumen window, pada tag selector akan tampak tulisan disini menunjukan anda sedang bekerja pada body dari dokumen secara HTML.

Pada Window size pop-up menu dapat melihat ukuran window yang ditampilkan dan anda dapat mengedit tampilan ukuran yang anda inginkan
.

Disebelah kanan menu window size pop-up dapat anda lihat ukuran besarnya file dokumen dan waktu yang dibutuhkan untuk download file pada tampilan window.

Launcher bar yang terdapat di sebelah kanan bawah pada tampilan window, pada setting awal launcher bar buttons akan menampilkan Asset panel, HTML styles panel, CSS styles panel, Behaviors panel, History panel dan Code inspector.

Mengatur ukuran window

Pada status bar di dokumen window menampilkan dimensi atau ukuran window saat itu (dalam pixel). Jika anda mengklik ukuran window ini, Dreamweaver menampilkan menu window size pop-up, dimana anda dapat mengatur ukuran yang cocok untuk tampilan pada monitor anda. Untuk mendesain sebuah halaman pada ukuran spesifik yang terbaik, anda dapat memilih pada ukuran yang sudah ditentukan, mengatur ukuran yang sudah ditentukan itu sesuai dengan keinginan anda atau membuat ukuran baru.
TOOLBAR

Toolbar dreamweaver terdapat button-button yang dapat anda pilih dalam menampilkan dokumen anda secara cepat : Code (HTML), desain, dan gabungan keduanya yaitu tampilan secara HTML dan desain.Toolbar juga menampilkan button-button perintah yang terdapat pada sebelah kanan nama dokumen.
• Untuk menampilkan dan menyembunyikan Toolbar, pilih menu
View > Toolbar.
• Untuk tampilan dokumen secara kode atau HTML , klik button Code View pada toolbar. Disini anda dapat mengedit atau membuat halaman web anda secara HTML
• Untuk tampilan dokumen secara kode dan desain, klik button Code
& Design View
• Untuk tampilan dokumen secara desain, klik button Design View.
Disini anda bisa mengedit atau membuat halaman web anda secara visual.
• Untuk merubah nama dokumen, klik pada title lalu rubah nama dokumen sesuai dengan keinginan anda.
• Anda dapat melihat halaman web secara browser (Internet
Explorer) dengan mengklik button Preview Browser.
• Pada Options menu, anda dapat memilih tampilan desain yang anda inginkan , contoh : anda dapat menambahkan tampilan Rulers(garis ukuran) untuk memudahkan anda dalam mendesain sebuah web.
OBJECT PANEL

Pada Object panel terdapat button-button untuk membuat dan memasukkan object seperti tabel, layer dan images. Untuk menampilkan dan menyembunyikan Objects panel, pilih menu Window > Objects.

Memasukkan sebuah Object :

Klik icon button pada Object panel, tergantung pada object yang dipilih setelah anda mengkik salah satu button maka akan tampil Dialog Box yang harus anda isi untuk memasukkan object tersebut.
Object panel terdiri dari 7 kategori : Character, Common, Form, Frames, Head, Invisibles dan Special. Semua kategori tersebut menampilkan button untuk merubah tampilan : Standard dan Layout.
Untuk saat ini kita hanya akan membicarakan kategori Common atau kategori yang umum dan biasa dipakai dan kategori Character.


Common
Kategori Common pada Object panel terdiri dari :

Image Memasukkan sebuah gambar atau image pada cursor. Dialog Box akan tampil sehingga anda dapat secara spesifik memilih file image yang anda inginkan.

Rollover Image Anda dapat secara khusus memilih 2 file image yang akan anda masukkan dan membuat 2 file image tersebut ditampilkan secara rollover. Rollover adalah bila sebuah gambar atau image akan berubah menjadi gambar yang lain bila mouse pointer dikenakan pada image tersebut.

Tabular Data Membuat tabel, lalu mengisi tabel tersebut dengan data dari file yang lain (seperti Microsoft Excel atau dari database).
Navigation Bar Memasukkan beberapa image untuk Navigasi masuk ke site yang lain.
Layer Membuat sebuah layer. Klik button layer, lalu tempatkan mouse pointer pada halaman kerja dan drag untuk mengatur ukuran dan lokasi dari layer tersebut.
Date Menempatkan tanggal pada halaman web. Dialog Box akan muncul untuk spesifikasi format dari tanggal, Dreamweaver akan mengupdate dari tanggal secara otomatis setiap kali anda menyimpan file.
Server-Side Include Memasukkan server-side termasuk dalam web page. Dialog Box akan tampil dimana anda dapat memilih sumber file yang ada di server.
Fireworks HTML Memasukkan file HTML yang sudah dibuat atau sudah ada yang dibuat dari program Fireworks.
Shockwave Menempatkan movie dari Macromedia Shockwave pada halaman web. Dialog Box akan muncul agar anda dapat memilih sumber file DCR daripada movie, atau anda dapat menggunakan Property inspector untuk menspesifikasi sumber file.
Layout and View
Pada bagian View daripada Object panel terdapat button-button untuk anda pilih mode tampilan, Standard atau Layout.

Draw Layout Cell Membuat tabel cell secara individu pada tampilan
Design View.
Draw Layout Table Membuat tabel secara individu pada tampilan Design
View.
====>>>>>NEXT.....









Posting Komentar

Kritik dan saran sangat berguna bagi saya untuk perbaikan Blog ini,
Terima kasih atas kunjungan anda..

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak