Loading

KONSEP DASAR HARDWARE & SOFTWARE KOMPUTER (Part 7)

INSTALASI PC




3.1. Persiapan
Sebelum merakit PC ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar dapat melakukan perakitan dengan efisien dan efektif, yaitu :
 Dokumentasi PC atau komponen-komponen (termasuk informasi yang berupa peringatan).
 Wadah untuk meletakkan mur pada saat instalasi.
 Obeng yang sesuai.
 Kertas dan pulpen untuk mencatat atau menggambar diagram atau informasi dari PC lain sebagai perbandingan dalam perakitan PC.
 Ruang yang cukup untuk bekerja (dengan penerangan yang baik).
 Pelindung siku antistatic (jika ada).
 Pastikan power tidak terhubung dengan sumber listrik.
Setelah hal-hal diatas telah dipersiapkan, maka kita bisa memulai perakitan dengan memperhatikan :
 Apakah PC masih Garansi. Jika ya, pikirkan kembali untuk membuka PC. Karena bila tanda garansi dibuka akan menonaktifkan garansi yang berlaku.
 Temukan tempat yang cukup luas, tempat yang bersih dengan penerangan yang baik.
 Pastikan peralatan yang ada dapat digunakan termasuk wadah untuk mur, peralatan dan benda-benda kecil lainnya.
 Matikan PC dan semua yang berhubungan dengannya.
 Pindahkan monitor kesamping.
 Buka mur dan covernya.
Gambarkan susunan komponen sebelum membongkar sesuatu didalam PC seperti :
 Tipe dan peletakan dari berbagai kabel.
 Lokasi dan status dari DIP switch dan jumper.
 Koneksi pada motherboard, termasuk power supply, speaker dan keyboard.
Mulailah membuka komponen baru anda dari box-nya:
 Keluarkan mainboard, letakkan pada tempat yang bersih dan aman.
 Keluarkan drive termasuk mur dan kabelnya, letakkan pada tempat yang bersih dan aman.
 Keluarkan power supply.
 Keluarkan CPU/Processor dari socketnya.
 Keluarkan motherboard jika diperlukan dan letakkan pada antistatic field yang lembut.
 Lihat kembali komponen yang telah dibuka.

3.2. Memilih Peralatan

 Obeng (screwdriver)
Ada berbagai jenis obeng yang dapat dipergunakan dalam merakit komputer, antara lain :
Straight slot
Straight slot merupakan obeng yang terdiri dari sebatang besi (metal) yang ujungnya pipih atau biasa disebut sebagai obeng (-).

Philips
Merupakan obeng yang memiliki empat buah belahan yang meruncing pada bagian ujungnya atau biasa disebut sebagai obeng (+).
Torx
Merupakan obeng yang mempunyai 6 sisi, membentuk bintang pada ujungnya. Obeng jenis ini pada umumnya memiliki 15 ukuran. Untuk PC digunakan ukuran T-10 dan T-15. Biasanya digunakan pada PC Branded.

 Antistatic Wrist Strap (pengikat siku)
Ingat bahwa :
 Listrik statik dapat menghancurkan chip.
 Manusia menghasilkan listrik setiap saat.
 Untuk merasakan listrik static setidaknya diperlukan lebih dari 2000 volts, namun Anda dapat menghancurkan chip hanya dengan 35 volt saja.
Sangat mungkin pada saat anda memegang atau mengangkat board atau chip, tanpa terasa chip atau board telah rusak. Untuk menjawab masalah ini dipergunakan pelindung siku antistatik. Pada umumnya berupa bahan fibre elastis yang sesuai dengan siku dan terhubung dengan ground. Beberapa antistatik dihubungkan dengan menggunakan socket dinding dan yang lainnya mempunyai clip buaya yang dihubungkan dengan metal yang tidak mempunyai cat pada PC.
Tip !!! Bila anda tidak memiliki alat ini, anda tetap bisa menghindari electric static dengan cara memegang body casing dengan tangan anda langsung + 8 detik sebelum merakit komponen.

 Retrieving Tools
Merupakan alat yang bentuknya menyerupai jarum suntik dimana ujung satunya berupa tombol atau penyedot dan beberapa penjepit yang melengkung pada ujung yang lain (berbentuk seperti cakar). Pada umumnya digunakan untuk mengambil komponen kecil yang sulit dicapai.

 Tang dan Diagonal Cutter
Tang yang digunakan dalam perakitan PC adalah tang yang ujungnya panjang pipih. Diagonal cutter sering disebut sebagai tang potong yang digunakan untuk memotong kabel atau chip.

 Chip Extractors (PLCC dan PGA)
Ada berbagai tipe IC (chip). Salah satunya dikenal sebagai Plastic Leadless Chip Carrier (PLCC) dan lainnya dikenal sebagai Pin Grid Array (PGA). Untuk chip PLCC sangat sulit untuk dibuka tanpa merusaknya kecuali menggunakan peralatan yang tepat. Sekarang, kebanyakan socket PGA (seperti processor Pentium) menggunakan socket zero insertion force (ZIP) dan untuk membukanya tidak diperlukan alat khusus.
3.3. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merakit / membongkar PC
1. Pastikan perlu atau tidak membongkar PC.
2. Pastikan Anda mempunyai ruang yang memadai.
3. Sediakan tempat untuk peralatan kecil.
4. Back up Konfigurasi.
5. Cabut kabel listrik yang berhubungan dengan PC.
6. Pisahkan monitor dari casing PC, letakkan disamping casing PC.

3.4. Diagram
Pastikan Anda menyediakan kertas dan pulpen untuk mencatat perangkat yang dirakit/dibongkar. Mengapa demikian? Pada saat Anda mencabut sesuatu, mungkin saja pemasangannya kembali tidak mudah kecuali Anda memiliki diagram yang baik. Jika tidak terdapat tanda yang jelas pada kabel, Anda dapat menandainya dengan spidol (marker). Mesin pada PC bukanlah seperti buku pada perpustakaan, tidak masalah jika memberi tanda pada PC. Ingat bahwa rencana semula adalah memperbaiki PC atau biarkan seperti keadaan semula. Anda mungkin tidak dapat memperbaikinya tetapi tentunya tidak ingin keadaan lebih buruk dari semula. Yang perlu diperhatikan antara lain :

3.5. Data Kabel
Data kabel atau biasa disebut juga Ribbon Cables adalah kebel tipis yang dihubungkan dengan pin yang terdapat pada papan sirkuit (Mainboard). Untuk pemasangannya mempunyai aturan tersendiri. Pada data kabel ini terdapat strip pada salah satu sisinya (bisanya berwarna merah). Akan tetapi beberapa manufaktur menggunakan penggalan strip miring sepanjang salah satu sisi data kabel, jadi lihat baik-baik jika Anda tidak melihat strip pada data kabel tersebut.
Sementara Anda membuat diagram kabel dan peletakan kabel, jangan lupa membuat diagram kabel yang tidak terpasang. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi kesalahan pemasangan pada papan sirkuit. Karena bukan tidak mungkin pada saat Anda melihat ada pin yang tidak terpasang pada papan sirkuit, maka Anda mulai bertanya, ”Hmmm… konektor yang ini dipasang dimana ya?”.atau “Kabel apa yang dipasang disana ya?” dan Anda mulai kreatif, pasang sini atau coba pasang ditempat sana, dan biasanya menghasilkan hal yang buruk (pemasangan konektor/jumper yang salah dapat mengakibatkan terbakarnya perangkat tersebut).

3.6. Board dan Peletakan Kabel
Pada umumnya orang bertanya, “Apakah penting memilih slot yang akan digunakan pada Mainboard ?”.
Tergantung, pada umumnya pada saat Anda mencabut suatu board dari slotnya maka Anda juga harus memasukkannya pada slot yang sama. Sebenarnya, ada beberapa tipe slot yang digunakan pada motherboard.
Sebagai contoh, salah satu jenis slot pada motherboard disebut sebagai ISA slot dan lainnya disebut PCI slot yang mempunyai conector yang berbeda. Jika memasukkan board pada slot yang berbeda maka PC akan memberikan banyak pesan kesalahan atau banyak file yang gagal berjalan pada saat Anda menyalakan PC kembali.
Beberapa board memerlukan peletakan pada slot aslinya karena alasan elektrik. Anda mungkin tidak mendapat rute ke dan dari board kecuali Anda meletakkannya pada slot yang sesuai.

3.7. Jumper dan DIP Switch
Catat penempatan jumper atau DIP Switch menjaga apabila Anda secara tidak sengaja merubah jumper atau menggeser DIP Switch sehingga dapat mengembalikan penempatannya.

3.8. Kesalahan yang sering timbul dalam perakitan PC
 Beberapa kesalahan yang sering terjadi pada perakitan PC, antara lain :
 Peletakan Motherboard yang buruk.
 Pemasangan kabel data yang salah.
 Penanganan board yang salah.
 Lupa memasang kabel Power.
 Pengaturan kabel yang buruk.
 Lupa memasang kembali kabel Speaker, keylock dan baterai.
 Panik pada saat tidak dapat menyalakan PC kembali.


3.9. Tips
Perlu diperhatikan langkah-langkah yang Anda lakukan dalam membuat diagram pada saat merakit PC dan membandingkannya dengan dokumentasi pada saat melakukan penggambaran :
 Coba untuk melihat dari perspektif yang sama dalam membuat diagram dan melihat motherboard.
 Selalu cari komponen-komponen besar pada motherboard seperti CPU dan PCI slot pada diagram atau dokumentasi. Jika motherboard dan diagram yang Anda buat menunjukkan empat PCI slot akan tetapi pada dokumentasi menunjukkan tiga atau empat, Anda munking tidak melihat pada diagram yang benar.
 Apabila Anda melihat perbedaan pada dokumentasi dan diagram yang Anda buat, tanyakan pada Web site produsen dari motherboard tersebut. Terkadang, Anda akan menemukan materi terbaru atau yang benar dari produsen dokumentasi/manual.
 Jika perbedaan antara diagram dan dokumentasi, beri catatan kecil pada diagram dan dokumentasi Anda.

KONSEP DASAR HARDWARE & SOFTWARE KOMPUTER (Part 6)

2.6. Hard disk (HDD)

Harddisk adalah jenis disk yang bersifat tetap, umumnya terbuat dari bahan logam yang berbentuk piringan atau pelat. Sebuah harddisk biasanya terdiri dari lebih satu piringan atau lempengan yang dilapisi dengan oksida besi. Lempengan ini disebut dengan platter, setiap platter terdiri dari 2 sisi. Karena strukturnya yang terdiri dari beberapa disk maka harddisk memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Selain itu kecepatan harddisk juga sangat tinggi dengan putaran 3600, 4500, 5400, 6300, 7200, 10000, 12000 rpm sehingga acces datanya juga sangat cepat.
Beberapa tipe harddisk yang beredar di pasaran yaitu harddisk yang digunakan untuk laptop dan PC. Teknologi harddisk PC yang banyak beredar saat ini terdiri dari 4 tipe : IDE, SCSI, SATA, USB (Enclosure).

2.7. Sound Card
Berfungsi untuk menghasilkan bunyi dari komputasi yang dilakukan oleh komputer, dan hasilnya bisa kita dengar dengan menggunakan speaker. Di dalamnya terdapat beberapa komponen penting yaitu: DSP (Digital Sinyal Processor) yang berfungsi menangani sebagian besar komputasi yang berhubungan dengan suara. DAC dan ADC ( Digital to Analog Converter) yang mengolah baik suara yang masuk maupun suara yang keluar dari komputer, MIDI dan beberapa connector lainnya seperti line out, game port, dll. Jenis sound card: Tipe internal Onboard, Tipe internal card model ISA atau PCI, serta Tipe external (seperti Sound Blaster Audigy, dll).

2.8. CD-ROM, DVD-R (RW) DRIVE
Kecepatan drive CD-ROM dan CD-RW bervariasi mulai dari 4X, 8X, 24X sampai 56X. Pada awalnya kecepatan transfer data CDROM sebesar 150 Kb/s. Jadi CD-ROM berkecepatan 52X mempunyai kemampuan mentransfer data 52 X 150 Kb/s = 7800Kb/s. Interface yang digunakan biasanya IDE (Integrated Drive Electronic). Sedangkan DVD-ROM drive terkenal karena kemampuannya membaca format disk sampai kapasitas 4,7 GB dibandingkan CD-ROM yang hanya berkapasitas maksimal 720 MB.

Media penyimpanan CD-R (Compact Disc Recordable) maupun CD-RW (Compact Disc Recordable and reWritable) berkapasitas 100MB hingga 720Mb, sedangkan DVD-R (Digital Versitile Disc-Recordable) maupun DVD-RW 4,7GB hingga 17GB (double-sided, dual layer).
Name Capacity Layers Sides Comments
DVD-5 4.7 Gb 1 1 Read from one side only
DVD-9 8.54 Gb 2 1 Read from one side only
DVD-10 9.4 Gb 1 2 Read from both sides
DVD-18* 17.08 Gb 2 2 4 layers, read from both sides
DVD-R 4.7/9.4 Gb 1 1 or 2 Recordable DVD
DVD-RAM 2.6/5.2 Gb 1 1 or 2 Rewritable DVD
DVD-RW 4.7 Gb 1 1 or 2 Re-Recordable DVD

2.9. Floppy Disk

Floppy disk adalah sebuah media yang digunakan dalam komputer atau bisa disebut juga dengan input unit atau tempat pemasukan data, namun sekarang orang cenderung lebih memilih flash drive (flashdisk) karena selain kapasitasnya yang semakin besar juga tidak mudah rusak serta praktis.
Beberapa macam floppy disk antara lain:
a. Floppy disk 360 KB dan 1,2 MB ukuran 5¼ inch
b. Floppy disk 720 KB, 1,44 MB, 2,88 MB ukuran 3½ inch

2.10.Mouse
Mouse adalah alat bantu input yang lebih sederhana dari pada keyboard. Mouse bekerja secara digitized sedangkan keyboard dengan alpha numeric dan mengirimkan kode-kode ASCII ke komputer.

2.11.Keyboard
Keyboard merupakan salah satu alat input yang sering digunakan, dengan semakin berkembangnya teknologi pada PC maka keyboard juga semakin berkembang. Terdapat 4 jenis keyboard yang paling sering digunakan yaitu:
1. Original PC atau XT keyboard (83 key)
2. Original AT keyboard (XT + Sysreq for OS/2 + 10 function keys)
3. 101-107 key PS/2 keyboard (AT + function keys F11 dan F12)
4. Keyboard 79, 82 key untuk Notebook (Laptop)
Perbedaan besar antara keyboard XT dan AT adalah:
 keyboard XT meletakkan microprocessor didalam keyboard,
 keyboard AT, microprocessor diasumsikan berada pada mainboard.
Pada umumnya keduanya tidak kompatibel, keyboard XT tidak dapat digunakan pada AT begitu pula sebaliknya. Keyboard 102 key (standart) dapat bekerja pada berbagai komputer tanpa perlu modifikasi.
Keyboard jenis terbaru atau biasa disebut dengan keyboard multimedia pada umumnya mempunyai beberapa key yang dapat meningkatkan kecepatan kerja, seperti windows key, menu key, control sound, IE key, dll. Beberapa key dengan bantuan driver dan software khusus dapat menampilkan pekerjaan yang sering kita kerjakan atau program yang kita pilih. Key ini biasanya disebut dengan hotkeys.

2.12.Monitor
Monitor merupakan salah satu output unit untuk menampilkan hasil pengolahan file atau data. Terdapat 3 jenis monitor yang saat ini banyak digunakan, yakni: jenis CRT (Catode Ray Tube), LCD dan Plasma.
Macam – macam monitor yang pernah ada:
1. Monitor monochrom (MDA) : teks & grafik (CRT)
2. Monitor Color Graphics Adapter (CGA) : warna & grafik RGB (CRT)
3. Monitor Enhanced Graphics Adapter (EGA) : resolusi 640x480 (CRT)
4. Monitor Video Graphics Adapter (VGA) : 640x480, 800x600 (CRT)
5. Monitor Super Video Graphics Adapter (SVGA) : 800x600, 1024x768 (CRT)
6. Monitor Liquid Crystal Display (LCD) : resolusi lebih tinggi

KONSEP DASAR HARDWARE & SOFTWARE KOMPUTER (Part 5)

2.4.Memory



Beberapa tipe memory :
 EDO RAM
 SDRAM (Synchronous Dynamicc RAM)
Pertama kali dirilis, SDRAM masih berkutat pada frekuensi kerja 66 MHz, kemudian berkembang menjadi 100 MHz dan terakhir 133 MHz. Lebar bandwith data yang ditransfer berkisar ± 800 Mb/s (PC 100). Adapun untuk kapasitasnya mulai dari 16 hingga 512 Mb dengan jumlah pin=168.

Gambar 2. 16. Memory SDRAM


 DDR SDRAM (Double Date Rate SDRAM)
Sebuah modul DDR SDRAM terdiri dari 184 pin yang memiliki jalur data 64 bit. Secara fisik DDR hanya memiliki satu lubang pada pinnya. Sehingga membedakannya dengan SDRAM. Semua jenis DDR baik PC 1600, 2100, 2700, 3200 memiliki jumlah pin yang sama. Kelebihan DDR adalah memiliki teknologi yang mampu meningkatkan througput data memori 2 x lebih cepat dari SDRAM, karena bekerja pada bus 200 dan 266 MHz. Angka PC 1600/2100 pada DDR diperoleh dari perhitungan sbb:
Lebar bus memory dibagi 8 bit dikali data rate. Sebagai contoh lebar bus memory modul 184 pin DDR adalah 64 bit, Date rate dari DDR sekitar 266 MHz, maka data ini menghasilkan puncak lebar pita data = 64 / 8 x 266 MHz = 2128 = 2100 MHz


Gambar 2. 17. Memory DDR SDRAM

 RDRAM (Rambus Double RAM)
Rambus adalah tipe memori khusus untuk Intel P4. Nama rambus diambil dari perusahaan pembuatnya, yaitu Rambus Inc. Tipe RDRAM menggunakan slot RIMM (Rambus In line Memory Module) yang harus diisi penuh. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya menggunakan modul – modul dummy yang berfungsi melengkapi slot RDRAM tersebut. Tipe RDRAM yaitu PC 600, PC 700, PC 800 yang masing – masing bekerja pada bus 600, 700 dan 800 MHz. Tipe memori inilah yang paling mahal dibandingkan yang lainnya.


2.5. VGA Card

VGA CARD



Merupakan penghubung antara CPU dengan Monitor. Jenis VGA card:
1. Card Monochrom digunakan untuk monitor monochrom dengan tampilan warna hitam / putih atau pada umumnya hijau. Card ini hanya 8 bit.
2. Card Color Graphics Adapter digunakan untuk monitor CGA. Card ini dapat digunakan dua macam monitor , karena card ini dapat kita ubah dari CGA menjadi monochrom dan sebaliknya.
3. Card Enhanced Graphics Adapter digunakan untuk monitor EGA, card EGA sama dengan card CGA perbedaannya terdapat pada teks yang ditampilkan, EGA lebih halus dari CGA.
4. Card Video Graphics Adapter digunakan untuk monitor VGA dan SVGA
5. SVGA card digunakan untuk monitor VGA ataupun SVGA. SVGA dapat dibagi dalam beberapa jenis:
- SVGA card 16 bit
- SVGA card 32 bit
- SVGA card 64 bit
- SVGA card 128 bit
Memory yang digunakan dalam card SVGA adalah untuk menampilkan teks supaya karakter lebih kecil dan halus serta warna – warna resolusi bisa lebih diperbanyak.



KONSEP DASAR HARDWARE & SOFTWARE KOMPUTER (Part 4)

Mainboard



Motherboard adalah papan dimana komponen-komponen komputer ditancapkan dan dapat saling berhubungan. Tipe-tipe Mainboard ini banyak sekali, namun kualitas motherboard ini ditentukan dengan chipset yang tertanam didalamnya seperti: Gigabyte, Intel, SIS, Nvidia Nforce, VIA dan lain sebagainya.


Contoh komponen pendukung mainboard, lengkap dengan spesifikasinya:

CPU
• LGA 775
Chipset
• Northbridge : Intel® 955X
• Southbridge : Intel® ICH7R
Memory
• Type: Dual Channel, DDRII 667/533/400, ECC
• DIMM slots: 4 DIMMs for DDR2 8GB Max
Front Side Bus
• 1066/800 / 533 MHz FSB
Expansion Slots
• 1 x PCI Express 100Mhz X 16
• 2 x PCI Express 100Mhz X 1
• 3 x PCI
• 1 x DPS slot
External hardware
• Broadcom 5751*2
• Realtek ALC882M
• 6*Serial ATA II, 3*PATA
• Silicon Image Sil3132 SATA II controller
• GigaRAID ITE8212 IDE RAID controller
• IEEE1938 1394b
Internal I/O Connectors
• 1 x U-Plus D.P.S connector
• 6 x Serial ATA II 3.0Gb/s connectors
• 1 x UDMA ATA 100/66/33 connectors
• 2 x UDMA ATA 133/100/66 connectors
• 1 x FDD connector
• 2 x IEEE1394b connectors (supports 3 ports)
• 2 x USB 2.0/1.1 connector (supports 4 ports)
• 3 x Cooling fan pin headers
• 1 x Game/Midi connector
• BlueTooth
Dari spesifikasi yang tertera diatas, kita dapat mengetahui beberapa hal, yakni :
Untuk socket dan prosessor menggunakan tipe LGA 775 (jenis prosessor terbaru intel type EE berkecepatan 1066Mhz, keluaran tahun 2005).

Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan untuk mengenali mainboard dan komponen yang terdapat didalamnya (on-board):
 Konektor Power
Adalah pin yang menghubungkan antara mainboard dengan power supplay pada cassing. Untuk mainboard dengan konektor AT, maka power supplay yang dibutuhkan juga type AT. Sedangkan mainboard dengan konektor ATX , maka power supplay-nya harus type ATX
 Slot / Socket Processor
CPU Slot / Socket
Pentium (Clasic) : Socket 4/5/7
Pentium Over Drive : Socket 4/5/7
Pentium MMX : Socket 7
AMD K6 - K6-II - K6-III : Socket 7
Pentium Pro : Socket 8
Cyrix : Socket 370
Celeron : Socket 370
Celeron, Pentium II - P III : Slot 1
Athlon : Slot A
Duron, Athlon XP : Socket A/462/754/939
Opteron : Socket 940
Xeon : Slot 2
Itanium I : Socket 418
Itanium II : Socket 611
Pentium IV : Socket 423 / 478 / LGA775
Pentium IV-based Xeon, Xeon MP : Socket 603

 Slot Memory
Pada Mainboard terdapat beberapa slot memory PC yang umum, yaitu:
 SIMM (Single Inline Memory Module) pin= 72
 DIMM (Dual Inline Memory Module) pin= 168 / 184
 RIMM (Rambus Inline Memory Module) pin= 184
 Micro-DIMM pin= 68/144/172
 SO DIMM (untuk Laptop) pin=72/144/200
 Bateray CMOS
Berfungsi untuk memberikan tenaga pada mainboard di dalam mengenali konfigurasi yang terpasang sewaktu komputer dimatikan atau belum mendapat suplay daya dari power suplay, salah satunya adalah untuk pengaturan jam.

 BIOS (Basic Input Output System)
Yaitu kumpulan informasi dari sebuah mainboard berupa software yang berisi perintah–perintah dasar. BIOS berfungsi sebagai sarana komunikasi antara system operasi dengan hardware yang terdapat/terhubung pada mainboard.

 CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor)
Sebuah sirkut terintegrasi (IC) atau chip yang menampung informasi BIOS. Software BIOS biasanya bisa diakses/dikonfigurasi pada setup CMOS saat PC melakukan booting (sirkuit ini merupakan ROM komputer).

 Chipset
Adalah chip – chip yang mengatur aliran data antara subsistem sebuah PC, dan menentukan piranti apa saja yang didukung oleh mainboard tersebut.Pada mainboard terdapat 2 chip utama:
1. Chip Northbridge yang mengontrol aliran data dari Processor, port AGP dan Memory utama.
2. Chip Southbridge yang mengontrol aliran data dari bus PCI, interface Harddisk dan peralatan PC external lainnya.

 FSB
Yaitu kecepatan bus dari system pada mainboard. Pentium III memiliki FSB 100 atau 133 MHz. Sementara P4 memiliki FSB 400 MHz ( 4 x 100 MHz) hingga 1066MHz. Processor AMD Duron memiliki FSB 200 MHz (2 x 100 MHz) dan Athlon memiliki FSB 266 MHz. Clock speed sebuah processor merupakan perkalian sebuah nilai (multiplier) dengan FSB. Misalnya P III 800 MHz adalah hasil dari perkalian 6,5 x 133 MHz atau 8 x 100 MHz.
2.3. Prosesor
Prosesor merupakan otak atau mesin dari sebuah PC, terkadang disebut mikroprosesor atau juga central processing unit (CPU), yang melakukan perhitungan (fungsi ALU) dan pemrosesan sistem.
Ketika kita menyebutkan kata “prosessor”, maka seringkali yang terbayang kemudian adalah image perusahaan pembuat prosesor tersebut, seperti Intel, AMD, VIA/Cyrix dan lain-lain. Kemudian diikuti dengan seri keluaran produk tersebut dan keterangan tentang kecepatannya, seperti Pentium 4 - 2,4GHz, AMD 64 Athlon-3200+, Pentium-M Centrino, Celeron 2.0GHz, Cyrix III-600Mhz dan lain-lain.
Terdapat 2 kelas prosesor yang diedarkan pada konsumen saat ini, yaitu:
1. Kelas Mainstream / Power / Performance / High-End Processor yang diwakili oleh keluarga prosesor Pentium (II, III, & 4) dari Intel dan keluarga Athlon (Thunderbird, XP, Sempron) dari AMD.
2. Kelas Value/Low-End Processor diwakili oleh Intel Celeron, AMD Duron, VIA Cyrix dan Transmeta.
Yang menjadikan perbedaan kelas tersebut adalah kecepatan, fitur serta jumlah cache memorynya.
 L1 Cache yaitu sejumlah kecil SRAM memori yang digunakan sebagai cache yang terintegrasi di dalam modul yang sama pada processor. L1 cache ini dikunci pada kecepatan yang sama pada processor. Berfungsi untuk menyimpan secara sementara instruksi dan data serta memastikan processor mempunyai suplay data yang stabil untuk diproses, sementara memori mengambil dan menyimpan data baru.
 L2 Cache terdiri dari chip SRAM yang terletak didekat processor, namun untuk generasi processor terbaru L2 cache onchip (sudah menyatu dengan prosesor). L2 cache mempunyai fungsi yang sama dengan L1 Cache dan lebih dikenal dengan nama secondary cache yang kecepatannya lebih rendah dari L1 cache (namun kapasitas lebih besar).


2. 1 Daftar produksi prosesor dari beberapa Vendor

INTEL AMD + VIA/Cyrix TRANSMETA & etc
Desktop prosesor

Intel X86 (IA-64 below!)
G5 - Pentium
G5 - Pentium/MMX
G6 - Pentium Pro

Pentium II
G6 - Pentium II
G6 - Timna

Pentium III (.18)
G6 - Pentium III – Coppermine

P III (.13 - Tualatin)
G6 - PIII-T - Desktop
G6 - PIII-T - Celeron
G6 - PIII-T - Mobile
G6 - PIII-T - Server

Pentium 4 (.18)
G7- Pentium 4 - Willamette


Pentium 4 (.13)
G7- P4 Northwood
G7- P4 Extreme Edition

Pentium 4 (.09)
G7 - P4 - Prescott
G7 - P4 - Tejas

Pentium 5 (.09)
G8 - P5 - Nehalem

Intel Celeron
G6 - Celeron - PII
G6 - Mob Celeron - PII
G6 - Celeron - PIII
G6 - Mob Celeron - PIII
G6 - PIII-T - Celeron
G7 - Celeron - P 4
G7 - Mob Celeron - P4
G7 - Celeron D - P4

Mobile Processor

G6 - Mobile PII
G6 - Mobile PIII
G6 - Mob Celeron - PII
G6 - Mob Celeron - PIII
G6 - PIII-T – Mobile
G7 – Pentium M
G7 – Celeron M
G7 - Mobile P4 (P4-M)
G7 - Mobile Celeron

Centrino platform
Pentium-M / Banias
Pentium-M / Dothan

Server Processor Xeon
G6 - PII - Xeon
G6 - PIII - Xeon
G7 - Xeon - Foster
G7- Xeon MP - Foster
G7- Xeon DP - Prestonia
G7- Xeon MP - Gallatin
G7 - Xeon DP - Nocona
G7 - Xeon MP - Potomac

Intel IA-64 (.18)
Itanium
Itanium 2

Intel IA-64 (.13)
Madison
Deerfield
Montecito

Intel IA-64 (.095)
Chivano
Tanglewood
AMD X86
K5

K6
K6 K6 Mobile
K6-2
K6-2 P Mobile
K6-2+
K6-III
K6-III P Mobile
K6-III+

Athlon-K7
Athlon Classic

Athlon-ThunderBird (.18)
Athlon Duron (up to950)
Duron Mobile

Athlon-Palomino (.18)
Athlon XP
Athlon MP
Athlon 4 Mobile
Duron Mobile
Duron - Morgan

Athlon-Thoroughbred/Barton (.13)
Athlon XP Mobile / -M
Athlon XP (Tbred)
Athlon MP (Tbred)
Duron Athlon XP (Barton)
Sempron
Sempron Mobile

AMD X86-64
Athlon 64
Athlon 64 Mobile
Athlon 64 Mobile DTR
Athlon 64 - FX
Opteron

AMD X86-64-dual-core
Toledo

AMD K9

VIA
Cyrix III - S1
Cyrix III Mobile
C3 - Sam2
C3 - Ezra
C3 - Ezra-T
C3 - Mobile
C3 - Nehemiah
C3 - Antaur
C4 - Esther

Via/IDT old X86
WinChip
WinChip-2/2-3D
WinChip-3
WinChip-4

Via/Cyrix old X86
6x86
MII
MII+
MIII

Sun
UltraSparc-I
UltraSparc-II
UltraSparc-III
UltraSparc-IV
UltraSparc-V
Niagara Rock

SGI
R4000 - R5/8000 - R10/12000
R14000 - R16000 - R18000 - R20000
Transmeta X86
TM3200
TM3300
TM3400

Crusoe
TM5500 (.13)
TM5700 (.13)
TM5900 (.13)
TM6000 (defunct)
TM5400 (.22)
TM5600 (.18)
TM5800 (.13)

Efficeon
TM8300 (.13)
TM8600 (.13)
TM8500 (.09)
TM8800 (.09)

Rise Tech. X86
mP6
mP6 Tiger
mP6 II
SiS X86
SiS 550

National Semi / Cyrix integrated chips
MediaGX / PC
MXi

LAIN-LAIN

PowerPC
601
603
604
G3


IBM-specific
G3 - 750CX
G3 - 750CXe
G3 - 750FX
G3e
Power3
Power3-II
Power4 / 4+
Power5 / 5+
PowerPC 970 / G5
PowerPC 980 / G6


Motorola-specific
G4
G5
G5+
G6
G7


Alpha
21164PC
21164
21264
21264A
21264B
21364
21464

Hewlett Packard
PA-8500
PA-8600
PA-8700
PA-8800
PA-8900

Elbrus
E2K

FUJITSU
SPARC64 V

Bersambung.........

PTC System


Klik iklan dapat rupiah cukup dengan 30 detik...UNTUK DAFTAR KLIK BARNNER DI BAWAH INI..

KONSEP DASAR HARDWARE & SOFTWARE KOMPUTER (Part 3)

2.1. Cassing dan Power Supply



Cassing merupakan tempat dari komponen – komponen yang akan kita rakit. Casing terdiri dari bermacam – macam bentuk antara lain:
a. Cassing Desktop
b. Cassing Tower
c. Cassing Slim
Power Supplay merupakan sumber energi untuk sebuah komputer yang berfungsi mengubah arus AC menjadi DC. Jenis power supplay untuk PC yang beredar dipasaran untuk komputer rakitan ada 2:
a. AT
 Kabel power mainboard terpisah dengan nama pin 8 dan pin 9
 Cara mematikan komputer masih manual melalui tombol / swicth

b. ATX

 Kabel power mainboard tidak terpisah
 Untuk mematikan komputer bisa melalui system operasi karena power on/off-nya dikendalikan oleh mainboard

Tips !!! Untuk menguji kondisi power supply masih berfungsi atau tidak, kita bisa menghubungkan konektor dari kabel berwarna hijau dengan salah satu konektor kabel berwarna hitam (grounding) atau abu-abu.
Perhatikan ! Periksa apakah kipas (fan) power supply tersebut masih berputar atau tidak. Kalau setelah dihubungkan ternyata kipas tidak berputar, maka ada kemungkinan power supply rusak
Untuk saat ini Power Supply tipe konektor ATX lebih banyak digunakan (yang terbaru ATX conn 24 pin).
Daya yang dikeluarkan terdiri dari: 100 Watt, 150 Watt, 200 Watt, 250 Watt, 300 Watt, 350 Watt, 400 Watt, 450 Watt, 500 Watt, hingga 650 Watt.
Berikut ini rincian output tegangan power supply ATX untuk Mainboard (Motherboard) 400-450 watt:
1. Kabel Hitam : 7 kabel merupakan grounding
2. Kabel Merah : 4 kabel, output +5 volt, 35A
3. Kabel Putih : 1 kabel, output -5 volt, 0,5A
4. Kabel Kuning : 1 kabel, output +12 volt,15-18A
5. Kabel Biru : 1 kabel, output -12 volt, 0,8A
6. Kabel Orange : 3 kabel, output +3,3 volt, 22A
7. Kabel Hijau : 1 kabel, PS-ON (untuk switch)
8. Kabel Grey : 1 kabel (Abu-abu) PW-OK
Rincian pengeluaran tegangan power supply untuk Floppy Disk Drive, Hard Disk , CD ROM, dan media tambahan lainnya :
1. Kabel Merah : 1 kabel, output 5 volt (+)
2. Kabel Hitam : 2 kabel, grounding (-)
3. Kabel Kuning : 1 kabel output 12 volt (+)





KONSEP DASAR HARDWARE & SOFTWARE KOMPUTER (Part 2)

1.2. Hardware Komputer
Hardware pada sistem komputer terbagi atas 3 bagian utama, yaitu :
1. Input Unit
2. Processing Unit
3. Output Unit
1.2.1. Input Unit
Merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data dan lain sebagainya kedalam komputer. Perangkat input unit ini antara lain:
 Keyboard
 Mouse
 Media Storage (seperti HDD, FDD, CD, DVD dll).
 Scanner
 termasuk juga Monitor Touch Screen, pen light, dll.
1.2.2. Processing Unit
Processing unit ini disebut juga CPU (Central Processing Unit) yang merupakan jantung dari komputer. Melakukan pekerjaan utama seperti proses, perhitungan, logika, kontrol, pengaturan hubungan kinerja antar komponen, serta mengalokasikan tempat penyimpanan sementara maupun permanen. Perangkat utamanya berupa Processor dan Chipshet yang biasanya terdapat pada Mainboard.
Secara umum CPU mempunyai 3 komponen utama lagi, yaitu :
 Aritmatic & Logical Unit (ALU)
 Control Unit
 Main Memory (Main Storage)
Aritmatic & Logical Unit (ALU)
Tugas utama dari ALU melakukan perhitungan yang bersifat aritmatik serta melakukan keputusan dari operasi logika dan bit manipulation, sesuai dengan instruksi program.
Control Unit
Berfungsi sebagai pengatur dan pengendali semua peralatan yang ada pada sistem komputer serta mengatur kapan alat input menerima data dan kapan alat output menampilkan di monitor (Instruction Cycle).
Main Memory ( Main Storage )
Main memory ini merupakan tempat atau media yang digunakan untuk menyimpan data yang akan atau yang sedang diolah oleh sistem komputer.
Main memori dibagi atas dua bagian, yaitu :
 ROM (Read Only Memory) dan
 RAM (Random Access Memory)
ROM (Read Only Memory)
ROM merupakan memori permanen yang terdapat pada sistem komputer yang sudah disusun dan dibuat oleh pabrik dan biasanya tidak untuk dirubah oleh user komputer.
ROM terdiri dari program pokok untuk konfigurasi sistem komputer, seperti BIOS, BASIC dan BootStrap Loader. Sinyal didalam ROM ini yang mengatur segala tugas CPU (Central Processing Unit) saat komputer mulai diaktifkan/ dihidupkan.
RAM (Random Access Memory)
Semua data yang dimasukkan melalui alat input pada setiap aplikasi akan dimasukkan terlebih dahulu ke dalam RAM. Data-data yang terdapat dalam RAM ini hanya bersifat sementara, apabila komputer dimatikan maka data tersebut akan hilang.
1.2.3. Output Unit
Merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menyajikan hasil output dari proses yang sedang bekerja pada komputer. Bentuk dari peralatan output ini antara lain adalah :
 Monitor
 Printer
 Projector
 Speaker, dll.

1.3. Komponen Komputer
Ketika Anda ingin merakit sebuah komputer saat ini, maka perangkat minimal yang harus ada dan perlu anda persiapkan adalah:
1. Casing dan Power Supply
2. Mainboard dengan buku petunjuknya
3. Prosessor
4. Memory (RAM)
5. Video Graphic Adapter (bila tidak built-in dengan mainboard)
6. Hard disk (HDD)
7. Floppy disk drive (FDD).
8. CD-ROM
9. Monitor
10. Keyboard
11. Mouse
12. Kabel data HDD, FDD & CD-ROM
13. Kabel power ke Power Supply dan Monitor
14. Driver Mainboard, VGA, Sound dll (agar sistem bisa mengenali perangkat yang
terpasang)

15. CD Sistem Operasi dan Aplikasi yang ingin anda gunakan.
16. Obeng + (plus) ukuran sedang dan jangan lupa
17. Secangkir kopi (softdrink) dan snack biar santai 



Selain hardware yang disebut diatas, sebuah komputer dapat dipasang sejumlah perangkat tambahan lain untuk mengoptimalkan fungsi komputer tersebut, antara lain :
 >>Media I/O Device
 Scanner
 Printer
 Joystick (Game Pad)
 dll.

 >>Multi Media Device
 CD ROM (RW)
 DVD ROM (RW)
 Sound Card (internal/external)
 Microphone
 Speaker Aktif
 TV/FM Tunner
 Camera Digital (Web Camera)

 >>Network Device
 Modem
 Network Adapter/NIC (Network Interface Card)
 Wireless (LAN)
 Bluetooth PAN (Personal Area Network)

 >>Power Supply Stabilizer Device
 UPS (Un-interupt Power System) &
 Stabilizer



KONSEP DASAR HARDWARE & SOFTWARE KOMPUTER (Part 1)


Gambar 1. 1. Arsitektur Umum Komputer

Tidak ada suatu ketentuan khusus tentang bagaimana seharusnya struktur sistem sebuah komputer. Setiap ahli dan desainer arsitektur komputer memiliki pandangannya masing-masing. Akan tetapi, untuk mempermudah kita memahami komponen dan fungsi masing-masing komponen hardware komputer, kita perlu memiliki pengetahuan umum tentang struktur sistem komputer.


Gambar 1. 2. Arsitektur PC Modern

KETERANGAN :
GPU = Graphics Processing Unit;
AGP = Accelerated Graphics Port;
HDD = Hard Disk Drive;
FDD = Floppy Disk Drive;
FSB = Front Side Bus;
USB = Universal Serial Bus;
PCI = Peripheral Component Interconnect;
RTC = Real Time Clock;
PATA = Pararel Advanced Technology Attachment;
SATA = Serial Advanced Technology Attachment;
ISA = Industry Standard Architecture;
IDE = Intelligent Drive Electronics/Integrated Drive Electronics;
MCA = Micro Channel Architecture;
PS/2 = Port yang dibangun IBM untuk menghubungkan mouse dan keyboard ke PC

Gambar 1. 3. Skema kinerja sistem komputer

Model Infrastruktur-IT-untuk Perusahaan Kecil dan Menengah


Langsung aja ya, 2 hari ngetik artikel,sebelumnya saya minta maaf kalau artikel ini ada banyak kekuranganya atau kurang tepat dalam cara penyampaiannya....
Go....Go............Go..
Jika sekarang dalam situasinya kita menjadi seorang support onsite, pada sebuah perusahaan, sanggupkah kita menjawab semua ini:

sanggup kah kita menghandle 100PC lebih ?
sanggpukah kita memaintain keseluruhanya ?
sanggupkah kita memaintain server dan aplikasinya ?
jika kita bekerja sendiri atau maksimal 2 orang ?

untuk menjawab smua itu kita harus baca dulu 12 hal penting dibwah ini :D

ada 12 hal yang harus kita perhatikan Yaitu...:

1. Sentralisasi Aplikasi

Beberapa hal yang patut kita perhatikan untuk membuat sentralisasi aplikasi ini maksudnya adalah untuk memudahkan client pc memanfaatkan sumber daya secara bersama sama misalnya saja

antivirus server

Membuat antivirus menjadi tersentral sangatlah baik untuk menghemat koneksi internet, sehingga, masing masing client pc tidak perlu mengupdate antivirus / antispywarenya langsung ke internet, cukup melalui server saja, walaupun begitu kita tidak harus membeli antivirus server, kita bisa pakai antivirus yang free (spt calmav, avg free, dsb), hanya saja kita perlu mengetahui skematik cara kerja proses update antivirus, dan kita bisa membuat batch file yang akan di letakan di schedule task client pc.

pada dasarnya, model kerja proses update antivirus itu mirip mirip, ada yang def nya terdiri dari 1 file, 1 folder, ada yang beberapa file, ada yang di zip dsb, sehingga intinya kita hanya perlu mengkopikan definisi tersebut ke client pc, masalahnya kita perlu mencari tahu file file apa saja yang di update oleh antivirus sewaktu dia sedang melakukan proses update koneksi ke internet, untuk mencari itu, gunakan software untuk memonitor file ( ada banyak freeware di google, ketikan saja “file monitor” )

jadi, folder def antivirus itu bisa di share melalui jaringan, dan pc client bisa membuat map langsung ke folder tersebut, sehingga di pc client jangan lupa untuk memasukan batch file kedalam schedule task dan atur waktu update client tersebut.

untuk membuat map / tidak, hanya akan mempermudah proses pembuatan batch filenya saja, sedangkan untuk proses membuat batch file diperlukan kemampuan batch dos programming (windows) dan shell (dilinux), untuk lebih detail nya bisa merujuk ke artikel saya sebelumnya tentang batch file.

Print Server

Selain itu, kita bisa membuat shared printer juga di server ini baik itu ke printer langsung ataupun ke pdf server, kita tinggal install aplikasinya dan share langsung, sehingga ini akan menghemat biaya untuk membeli print server yang bisa seharja 1jt an

DHCP dan domain controller

atau kalau komputernya memadai kita bisa buat dhcp server dan domain, built in di 1 tempat.

2. Data Center

Untuk menghemat spesifikasi komputer dan menjaga keamanan data, sebaiknya di buat sebuah data center kecil atau bisa disebut juga dengan NAS ( Network Attach Storage) bentuk NAS ini ber variasi, ada yang built in, dan ada yang bikin sendiri, kalau mau bikin sendiri sangatlah mudah, bisa dengan windows ataupun dengan Linux, kalau windows memberikan kemudahan pengaturan hak akses untuk folder yang langsung terintegrasi dengan domain controller, begitu juga linux, mungkin kesulitanya terletak pada saat proses upgrade kita harus meng set mounting drive baru dan membuat samba lagi kedalam nya.

Untuk membuat NAS ini gunakan saja PC dengan spesifikasi se adanya, dan di sesuaikan OS nya, kalau pentium 2, bisa pakai LINUX NAS LITE, atau kalau spesifikasinya lebih memadai dan ada licens windows 2000 bisa pakai Windows saja.

Spec hardware Rekomendasi saya adalah:

Pentium 3 processor 800 - 1ghz
RAM 256 - 512mb
SATA / PATA Controller Card (pci)
Harddisk sebanyak2 nya ( sesuaikan dengan kebutuhan anda )
Ethernet card
Windows 2000

Minimum

Pentium 2
Ram 128
SATA / PATA Controller card (pci)
Harddisk
Ethernet card
Linux NAS LITE

untuk grafis nya, pilih yang ada saja, atau kalau mau mencari di toko, bisa memilih grafis seken yang paling murah, karna kita tidak membnutuhkan grafis yang memadai disini, onboard lebih bagus.

sedangkan NAS yang built in sudah mulai banyak dipasarkan, dengan harga yang tidak begitu mahal, menyediakan berbagai interface USB, LAN, dan bahkan ada yang Sudah support dengan USB LAN dan FIREWIRE, dan ngga tanggung tanggung, ada juga yang didalamnya sudah ada disk nya, yang bisa di upgrade.

biasanya untuk NAS box yang built in ini untuk mengkonfigurasinya melalui media web interface, core engine nya juga berbasis linux kok, biasanya di dalamnya sudah ada ftp server, web server, folder access management, dll, sebelum membeli cek dulu feature yang di butuhkan untuk ke depanya, supaya tidak menyesal di kemudian hari

Selain itu, jangan letakan mp3 atau file streaming di dalam NAS ini, karena kinerjanya akan mengalami penurunan disaat banyak yang men streaming file, dan proses fragmentasi filenya pun akan cepat meningkat, dan kitapun akan kerepotan nantinya.

dengan menggunakan model seperti ini, ini akan menghemat disk yang ada di pc client, kalau kita merakit pc client kita bisa pilih disk yang 20Gb (kalau masih ada), karena untuk data mereka tidak perlu simpan di pc nya, sentral kan saja, akan lebih mudah.

sehingga dengan adanya NAS ini kita bisa:

menyimpan data dan hak aksesnya berdasarkan seseorang, group, dll
Kita bisa meletakan aplikasi portabel untuk troubleshooting pc
Menyimpan kumpulan driver / update dan patch os terbaru
dan kesemuanya itu tersentral

3. Backup Center

Untuk backup center ini secara fungsional kita harus memilikinya, kita boleh gunakan NAS kita (limit budget) untuk itu atau kita membuat 1 NAS lagi yang isinya Backup data, Backup ini bisa juga di gunakan untuk membackup NAS yang sudah ada sebelumnya, maklum saja, kalau NAS nya berbasis Linux, dan di map oleh windows, pada saat terkena virus ini akan membahayakan data yang ada didalam NAS tersebut, jadi walau bagaimanapun backup ini sangat berperan penting.

selain itu, data internal client pc pun butuh di backup, semisalnya tidak tertolong lagi dan harus di reformat, misalnya data outlook, profile, favorite, dsb, jadi kebutuhan backup ini sangatlah penting untuk kelangsungan kerja ruang lingkup sistem.

jadi dapat disimpulkan fungsi utama dari backup ini adalah:

Untuk membackup image

Image adalah replika sebuah partisi yang di kompress kedalam 1 file, Maksudnya adalah, buatlah sebuah image dari sebuah komputer yang baru di fresh install, masukan semua default software yang ada beserta konfigurasi nya, sebagai contoh:

install lah pc baru yang kosong dengan aplikasi berikut

drivers
office
antivirus
antispyware
codec
printer
image viewer
pdf viewer
win-amp
firefox browser + plugin
VNC Server
ip Identify tools
konfiguration file (misalnya, batch file untuk update antivirus, untuk backup data, untuk map network drive, dan lainya)

lalu, gunakan norton ghost, untuk membuat image pada partisi tersebut, untuk proses pembuatanya bisa gunakan minipe windows live cd, nah nantinya file image itu dapat disimpan di dalam backup drive, dan pada saat ada pc yang komputernya tidak tertolong lagi, kita dapat mengembalikan pc dengan waktu yang sangat cepat tampa harus menginstall ulang, tentunya untuk memudahkan proses restorasi OS yang sudah rusak namun untuk itu kita harus membuat ftp server pada backup drive untuk memudahkan proses transfer file image ke komputer yang akan di restore.

Untuk membackup file file konfigurasi

file file penting user yang akan di reinstall ulang pc nya dapat disimpan disini batch, library, outlook pst, addressbook, favorite, dll

Untuk memabackup NAS Sebelumnya

walau bagaimanapun data center adalah aset data yang harus di lindungi, karena semua user datanya tersimpan di dalam data center, sehingga backup NAS itu sendiri pun diperlukan, jika masing masing NAS (Data center dan Backup) terdapat service ftp di dalamnya kita bisa menggunakan FTP Synchronizer untuk membackup kedua server tersebut, atau dengan bacth file hanya dalam hitungan klik

4. Remote System

Remote system akan sangat bermanfaat bagi para teknikal support yang memiliki klien pc yang agak banyak, ini akan menghindari masalah mondar mandir yang mungkin akan menjadi keluhan pada it tech support, sehingga untuk itu dengan adanya VNC server kita tinggal meremote pc client yang bermasalah, tampa harus mengunjungi pc tersebut, sungguh penghematan energi yang baik.

kita tinggal menerima telepon, mendengar keluhan, dan meminta ip addressnya berapa (jgn lupa meletakan program untuk menampilkan ip address di systray untuk memudahkan) dan kita tinggal kirim koneksi vnc ke user dan nanti nya user tersebut akan menerima popup akses untuk permintaan akses koneksi (hal ini patut di lakukan agar user merasa aman kalau pc nya tidak di remote secara silent), setelah di terima kita siap memperbaiki masalah.

untuk beberapa hal yang ridak bisa di remote barulah mau tidak mau kita harus datang ke onsite nya, untuk melihat masalahnya, misalnya tidak mau boot, blank screen, dan hardware error

5. Report dan Dokumentasi

Setiap kasus yang / problem, baik atau yang sudah di selesaikan maupun yang belum, kita harus membuat laporanya, dan tindakanya, hal ini sangat penting untuk atasan kita, kalau kita kerja dengan baik dan ada laporanya.

selain itu, jika ingin lebih baik lagi, terapkan lah sistem ticketing untuk pekerjaan kita, sehingga hal ini memudahkan kita untuk membuat laporan laporan masalah dan kerusakan, namun untuk membuat sistem ini di perlukan web server apache, php dan mysql, kita bisa menggunakan server kita sebelumnya yang sudah ada untuk aplikasi ini, karena banyak sekali aplikasi ticketing yang beredar di sourceforge.net yang gratis dan bisa di gunakan dan di manfaatkan, yang di dalamnya sudah mencakup knowledbase ticket sistem, user profuile dan lainya, dan aplikasi ini kebanyakan berbasis web.

untuk server nya, secara instan bisa di install lewat windows dengan menggunakan xaamp atau appserv, begitu juga di linux.

apa kegunaan ticketing ini ? maksud dari ticketing adalah sebuah tiket ( tapi bukan tiket perjalanan ) yang di dalamnya menjelaskan status mengenai pekerjaan kita, dalam tiket tersebut terdapat dekripsi masalah yang kita hadapi, status nya bagaimana, pending, resolve, new, cancel ataupun close, sehingga dengan web base tiketing sistem ini, user bisa lihat antrian nya, status masalahnya sampai dimana, kapan selsai nya, apa saja yang akan dikerjakan oleh IT berikutnya, progressnya gimana, sehingga IT tidak akan terkesan ngga kerja, dan laporan nya pun akan jelas.

jika tidak memungkinkan (atau terlalu rumit untuk dilaksanakan), kita bisa buat ticketing sendiri, dalam excel misalnya, dan kita bisa letakan di dalam NAS dimana akses nya untuk user lain hanya bisa Read saja, dan untuk memudahkan user tersebut, letakan saja shortcut di desktop yang akan mengarah ke NAS untuk melihat status tiket excel kita.

untuk hal hal yang memerlukan persetujuan atasan, misalnya saja penambahan harddisk, kalau ticket berbasis web sangatlah mudah, kita tinggal mengirimkan status tiket web ke atasan kita untuk di approve via e-mail, sedangkan jika menggunakan ticketing excel, kita bisa mengirimkan e-mail dengan memberi links yang langsung mengarah ke ticket yang harus di approve oleh bos kita, dengan mereply e-mail kita.

sehingga dengan demikian sistem laporan kita akan menjadi bagus dan rapih.

selain tiketing, kita juga harus mendokumentasi,

dokumentasi ini di Indonesia adalah hal yang paling buruk dan banyak orang yang malas dengan mendokumentasi / men data.

yang harus kita dokumentasi adalah, masalah, jenis jenis masalah, dan cara menanganinya (kalau sudah di tangani) kita bisa simpan dixcel lagi, atau kalau dengan menggunakan sistem tiketing sudah ada di dalamnya langsung (jadi kita tidak perlu mengisi 2x), selain itu kita juga harus mendokumentasi konfigurasi sistem yang ada di kantor, mulai dari ip address, server, username

tujuanya adalah, jika suatu saat kita tidak ada, ( cuti ) kita tidak akan di ganggu oleh telpon kantor, selain itu, jika kita men train karyawan baru, anggap lah tidak memadai skillnya, kita bisa berikan dokumentasi itu padanya untuk di pelajari atau jadi bahan acuan.

beberapa field standar tiketing excel adalah:

no kasus
IP address
Nama
Problem
Status
Keterangan

sedangkan untuk dokumentasi nya

no dok
Problem
Solve
Keterangan

kita bisa update tiap bulan sebagai laporan hasil kerja kita kepada atasan.

jika lebih kreatif, silahkan di kembangkan di excel dengan lebih baik, jika perlu di ms access.

6. Software Management

untuk mengatur pc agar seragam kita harus mem pack software software yang kita beli dengan baik, kita bisa meletakan software software tersebut kedalam data center kita, dan sebaiknya gunakanlah software yang sudah legal, atau setidaknya usahakan lah untuk menggunakan software yang free dahulu.

kita harus menentukan software apa apa saja yang akan di butuhkan oleh user standart misalnya saja

office, 7zip, winamp, avg free, ms framework, ip tools, vnc, firefox, acrobat reader

dsb

sehingga setiap client akan memiliki keseragaman sistem.

dan untuk software yang sudah kita lisensi, simpanlah kedalam bagian report dan dokumentasi, mengenai register nya, product code nya,dll nya, sehingga data kita akan menjadi rapih dan teratur.

jika user meminta software tertentu kita bisa install kan lewat VNC

Rekomendasi saya untuk Standar Office software adalah

Windows.
Office
Acrobat reader
antivirus
antispyware
image viewer
codec
VNC server
ip systray tools
YM
Firefox
Set Auto IP (dhcp)
Set Auto Update antivirus dan antispy to server (batch to schedule task)
Set Auto scan interval (batch to schedule task)
Set AutoBackup UserProfile (batch to schedule task)
Set Auto Map Network Drive Printer (batch)
Set Join Domain
Set to print server (batch)
Set to print PDF Server (batch)

that’s it, make as image, and deploy to all pc.

7. Live CD


Terkadang live cd sangat kita butuhkan untuk menangani kasus OS yang bermasalah misalnya tidak mau boot, sehingga kita harus merestore OS tersebut, atau mengscan antivirus, atau juga membackup, untuk proses semacam itu kita bisa gunakan linux Live cd, atau windows live cd.

live cd adalah sebuah cd yang memungkinkan kita untuk merunning OS yang berasal dari CD, CD tersebut secara fisik akan membuat sebuah ram drive dan menempatkan sebagian data penting nya kedalam ramdrivenya dan kita bisa merunning OS dari CD tersebut tampa adanya OS kita, di dalamnya biasanya tedapat banyak utility yang sangat berguna untuk troubleshooting.

gunakanlah minipe MAS Edition, ataupun Linux Live CD untuk hal ini, akan sangat membantu kita.

jika komputer client tidak dilengkapi dengan cd rom, kita bisa memindahkan live cd kita kedalam usb flashdisk 512-1gb dan kita bisa mem boot melalui usb itu (untung untung motherboardnya bisa boot via usb)

8. Portable Apps Software

ada banyak aplikasi portable yang bisa kita manfaatkan untuk mentroubleshoot masalah, software portable ini bisa kita simpan di NAS kita, dengan begitu, jika kita harus ke onsite, dan membutuhkan software khusus kita tidak harus membawa cd program atau usb yang berisi program, cukup bawa akses portable software tersebut dari jaringan dan semuanya selesai, beberapa aplikasi portable yang ada seperti contoh

IP-Tools_SFX
Network Scanner
Angry IP scanner
AdapterWatch
xp-AntiSpy
HDDlife portable
Norton Disk Doctor portable
Ultimate MBRGUI
Sysinternals Process Explorer

dst

jika ingin mencari portable software, ketikan saja “portable software” ke google, banyak sekali aplikasi yang dijadikan software, jika tidak menemukanya, silahkan e-mail ke saya, saya akan upload kan server saya secara cuma cuma

9. Automation

Untuk menghindari proses yang sama berulang ulang, silahkan buat automatisasinya, hal ini akan menghindarkan kita dari proses rutinitas yang akan membuat kita bosan dengan pekerjaan kita yang berulang ulang, misalnya saja

update antivirus,
update anti spy
backup NAS ke Backup Drive
backup data user ke backup drive
memberi folder akses
membuat user baru
setting ip network
auto shutdown pc client
dan hal kecil lainya

semuanya bisa dilakukan secara otomatis melalui batch file windows xp atau shell scripting di linux, mengenai batch file windows xp, dapat di pelajari di tutorial saya sebelumnya tentang batch file.

kalau semuanya bisa dilakukan dengan 2x, bayangkan, begitu mudah nya kita mengelola ruang lingkup sistem komputer kita.

10. Spare Device

Hal ini banyak yang di abaikan banyak perusahaan, tidak mau menyimpan spare device, kebanyakan perusahaan lebih memilih menunggu device yang rusak dan menunggu proses order dulu untuk menyelesaikanya, hal ini menyebabkan user kehilangan waktu kerja dan user akan mengalami kerugian efisiensi kerja, sehingga untuk itu seorang it technicall support seharusnya menyimpan beberapa spare peralatan untuk mengganti device yang tiba tiba mengalami kerusakan sehingga akan menghilangkan downtime kerja user.

beberapa peralatan yang biasanya harus di spare untuk pc client yang rakitan:

Harddisk
RAM
Ethernet card
PowerSupply
dan VGA

dan atur aja untuk jumlahnya masing masing, dan sekali lagi, semuanya terdata dan terdokumentasi.

11. R&D

Dengan menggunakan Virtual Server

Kira kira itulah yang media yang tepat untuk seorang teknikal support, dengan memiliki komputer dengan spek yang canggih ( ram, prosesor, dan harddisk yang besar ) memungkinkan kita untuk mengadakan research mengenai kebuthan kebutuhan yang kira kira nantinya akan di butuhkan untuk masa mendatang, karena walau bagaimanapun, perusahaan itu sudah seharusnya berkembang, bersamaan dengan berkembanganya perusahaan berkembang juga infrastruktur IT dari yang sederhana menjadi yang lebih kompleks lagi.

dengan adanya virtual server, kita bisa melakukan test server, bisa melakukan test konfigurasi, test software, dan lainya, tampa harus mengganggu infrastruktur yang sudah kita buat sebelumnya, sehingga pekerjaan kita akan lebih nyaman dan lebih baik, dan kemampuan kita pun akan selalu ter update karena kita selalu memilki media untuk ber eksperimen.

walaupun ini hanya eksperimen bukan berarti kita tidak mencantumkanya kedalam laporan, ini pun harus di buat, sebagai prestasi dari apa yang sudah kita developmen kan selama ini.

12. Internet gateway

Khusus untuk internet gateway, kita bisa menggunakan router khusus atau server khusus (bergantung dari koneksi ke luar nya apa), salah satu model internet gateway yang baik adalah filter lah port yang tidak di gunakan, gunakan saja port port yang sudah di tentukan, sehingga memudahkan kita untuk mengatur komputer user kita untuk terhindar dari trojan, spyware, dan program program penyusup lainya, sehingga dengan memfilter port akan meningkat kan kemanan sistem jaringan di perusahaan kita.

beberapa port yang biasanya di buka adalah

http
https
ssh
YM
pop
smtp
dan port lainya

kita bisa menggunakan linux untuk router, atau kita bisa gunakan windows juga, semua itu bergantung dari kita, mana yang mudah untuk kita konfigurasi gunakanlah hal itu

Dengan Mengimplementasikan model semacam ini, beban kerja teknikal support akan lebih ringan, lebih banyak waktu untuk membuat report, lebih banyak waktu untuk melakukan riset, lebih banyak waktu untuk melakukan hal yang lebih penting dengan meng automatisasi rutinitas, semoga membantu ya :D..heheheh

Memproteksi Program Di Komputer Kita dengan Password


Kalau komputer yang kita punya dipakai juga oleh orang lain, tentu nggak sebebas kalau hanya kita sendiri yang memakai.

Mungkin kita punya program, aplikasi atau bahkan games yang ga boleh dipakai atau dimainkan oleh orang lain, tentu kita harus punya cara untuk melindunginya.

Secara nggak sengaja saya menemukan software ini. Namanya Empathy. Agak ironis memang. Kata empathy biasanya lebih bermakna ke arah memahami apa yang dirasakan oleh orang lain. Tapi software ini justru supaya orang lain ga boleh makai program komputer kita. Ah, apalah arti sebuah nama…

Cara pakainya gampang. Cukup masukin file program, aplikasi atau games yang akan dilindungi. Biasanya yang ber-extention .EXE. Kalau ga tahu nama file programnya bisa browse dari tombol yang bertanda …

Setelah itu masukin password dan klik tombol Protect. Tunggu beberapa saat sampai keluar penyataan : File successfuly protected!

Nah, sekarang cobalah jalankan program yang anda lindungi dengan password tadi. Pasti sebelum terbuka akan minta password dulu.

Oh ya, saya dapat software-nya dari sini. Saat saya membuka situs pembuatnya : Michal Strehovsky, ternyata disana tersedia juga Empathy ini dan bisa didownload gratis. Empathy yang saya pakai sekarang hanya bisa memakai 1 (satu) karakter saja sebagai password. Kalau mau lebih dari satu harus registrasi maka jangan heran kalau muncul pesan error seperti ini :



Yah, biarlah… satu karakter juga manfaat, yang penting orang lain ga tahu karakter apa yang kita pakai sebagai password. Siip.. lah.. Bravo mas Michal Strehovsky.
DownloadDISINI

Daftar keyboard shortcuts di Windows XP..


Mungkin berguna buat teman-teman

GENERAL KEYBOARD SHORTCUTS
• CTRL+C (Copy)
• CTRL+X (Cut)
• CTRL+V (Paste)
• CTRL+Z (Undo)
• DELETE (Delete)
• SHIFT+DELETE (Delete the selected item permanently without placing the item in the Recycle Bin)
• CTRL while dragging an item (Copy the selected item)
• CTRL+SHIFT while dragging an item (Create a shortcut to the selected item)
• F2 key (Rename the selected item)
• CTRL+RIGHT ARROW (Move the insertion point to the beginning of the next word)
• CTRL+LEFT ARROW (Move the insertion point to the beginning of the previous word)
• CTRL+DOWN ARROW (Move the insertion point to the beginning of the next paragraph)
• CTRL+UP ARROW (Move the insertion point to the beginning of the previous paragraph)
• CTRL+SHIFT with any of the arrow keys (Highlight a block of text)
• SHIFT with any of the arrow keys (Select more than one item in a window or on the desktop, or select text in a document)
• CTRL+A (Select all)
• F3 key (Search for a file or a folder)
• ALT+ENTER (View the properties for the selected item)
• ALT+F4 (Close the active item, or quit the active program)
• ALT+ENTER (Display the properties of the selected object)
• ALT+SPACEBAR (Open the shortcut menu for the active window)
• CTRL+F4 (Close the active document in programs that enable you to have multiple documents open simultaneously)
• ALT+TAB (Switch between the open items)
• ALT+ESC (Cycle through items in the order that they had been opened)
• F6 key (Cycle through the screen elements in a window or on the desktop)
• F4 key (Display the Address bar list in My Computer or Windows Explorer)
• SHIFT+F10 (Display the shortcut menu for the selected item)
• ALT+SPACEBAR (Display the System menu for the active window)
• CTRL+ESC (Display the Start menu)
• ALT+Underlined letter in a menu name (Display the corresponding menu)
• Underlined letter in a command name on an open menu (Perform the corresponding command)
• F10 key (Activate the menu bar in the active program)
• RIGHT ARROW (Open the next menu to the right, or open a submenu)
• LEFT ARROW (Open the next menu to the left, or close a submenu)
• F5 key (Update the active window)
• BACKSPACE (View the folder one level up in My Computer or Windows Explorer)
• ESC (Cancel the current task)
• SHIFT when you insert a CD-ROM into the CD-ROM drive (Prevent the CD-ROM from automatically playing)
• CTRL+SHIFT+ESC (Open Task Manager)

DIALOG BOX KEYBOARD SHORTCUTS
If you press SHIFT+F8 in extended selection list boxes, you enable extended selection mode. In this mode, you can use an arrow key to move a cursor without changing the selection. You can press CTRL+SPACEBAR or SHIFT+SPACEBAR to adjust the selection. To cancel extended selection mode, press SHIFT+F8 again. Extended selection mode cancels itself when you move the focus to another control.
• CTRL+TAB (Move forward through the tabs)
• CTRL+SHIFT+TAB (Move backward through the tabs)
• TAB (Move forward through the options)
• SHIFT+TAB (Move backward through the options)
• ALT+Underlined letter (Perform the corresponding command or select the corresponding option)
• ENTER (Perform the command for the active option or button)
• SPACEBAR (Select or clear the check box if the active option is a check box)
• Arrow keys (Select a button if the active option is a group of option buttons)
• F1 key (Display Help)
• F4 key (Display the items in the active list)
• BACKSPACE (Open a folder one level up if a folder is selected in the Save As or Open dialog box)

MICOROSOFT NATURAL KEYBOARD SHORTCUTS
• Windows Logo (Display or hide the Start menu)
• Windows Logo+BREAK (Display the System Properties dialog box)
• Windows Logo+D (Display the desktop)
• Windows Logo+M (Minimize all of the windows)
• Windows Logo+SHIFT+M (Restore the minimized windows)
• Windows Logo+E (Open My Computer)
• Windows Logo+F (Search for a file or a folder)
• CTRL+Windows Logo+F (Search for computers)
• Windows Logo+F1 (Display Windows Help)
• Windows Logo+ L (Lock the keyboard)
• Windows Logo+R (Open the Run dialog box)
• Windows Logo+U (Open Utility Manager)

ACCESSIBILITY KEYBOARD SHORTCUTS
• Right SHIFT for eight seconds (Switch FilterKeys either on or off)
• Left ALT+left SHIFT+PRINT SCREEN (Switch High Contrast either on or off)
• Left ALT+left SHIFT+NUM LOCK (Switch the MouseKeys either on or off)
• SHIFT five times (Switch the StickyKeys either on or off)
• NUM LOCK for five seconds (Switch the ToggleKeys either on or off)
• Windows Logo +U (Open Utility Manager)

WINDOWS EXPLORER KEYBOARD SHORTCUTS
• END (Display the bottom of the active window)
• HOME (Display the top of the active window)
• NUM LOCK+Asterisk sign (*) (Display all of the subfolders that are under the selected folder)
• NUM LOCK+Plus sign (+) (Display the contents of the selected folder)
• NUM LOCK+Minus sign (-) (Collapse the selected folder)
• LEFT ARROW (Collapse the current selection if it is expanded, or select the parent folder)
• RIGHT ARROW (Display the current selection if it is collapsed, or select the first subfolder)

SHORTCUTS KEY FOR CHARACTER MAP
After you double-click a character on the grid of characters, you can move through the grid by using the keyboard shortcuts:
• RIGHT ARROW (Move to the right or to the beginning of the next line)
• LEFT ARROW (Move to the left or to the end of the previous line)
• UP ARROW (Move up one row)
• DOWN ARROW (Move down one row)
• PAGE UP (Move up one screen at a time)
• PAGE DOWN (Move down one screen at a time)
• HOME (Move to the beginning of the line)
• END (Move to the end of the line)
• CTRL+HOME (Move to the first character)
• CTRL+END (Move to the last character)
• SPACEBAR (Switch between Enlarged and Normal mode when a character is selected)

MICROSOFT MANAGEMENT CONSOLE (MMC) MAIN WINDOW
• CTRL+O (Open a saved console)
• CTRL+N (Open a new console)
• CTRL+S (Save the open console)
• CTRL+M (Add or remove a console item)
• CTRL+W (Open a new window)
• F5 key (Update the content of all console windows)
• ALT+SPACEBAR (Display the MMC window menu)
• ALT+F4 (Close the console)
• ALT+A (Display the Action menu)
• ALT+V (Display the View menu)
• ALT+F (Display the File menu)
• ALT+O (Display the Favorites menu)

MMC CONSOLE WINDOWS
• CTRL+P (Print the current page or active pane)
• ALT+Minus sign (-) (Display the window menu for the active console window)
• SHIFT+F10 (Display the Action shortcut menu for the selected item)
• F1 key (Open the Help topic, if any, for the selected item)
• F5 key (Update the content of all console windows)
• CTRL+F10 (Maximize the active console window)
• CTRL+F5 (Restore the active console window)
• ALT+ENTER (Display the Properties dialog box, if any, for the selected item)
• F2 key (Rename the selected item)
• CTRL+F4 (Close the active console window. When a console has only one console window, this shortcut closes the console)

REMOTE DESKTOP CONNECTION NAVIGATION
• CTRL+ALT+END (Open the Microsoft Windows NT Security dialog box)
• ALT+PAGE UP (Switch between programs from left to right)
• ALT+PAGE DOWN (Switch between programs from right to left)
• ALT+INSERT (Cycle through the programs in most recently used order)
• ALT+HOME (Display the Start menu)
• CTRL+ALT+BREAK (Switch the client computer between a window and a full screen)
• ALT+DELETE (Display the Windows menu)
• CTRL+ALT+Minus sign (-) (Place a snapshot of the entire client window area on the Terminal server clipboard and provide the same functionality as pressing ALT+PRINT SCREEN on a local computer.)
• CTRL+ALT+Plus sign (+) (Place a snapshot of the active window in the client on the Terminal server clipboard and provide the same functionality as pressing PRINT SCREEN on a local computer.)

MICROSOFT INTERNET EXPLORER NAVIGATION
• CTRL+B (Open the Organize Favorites dialog box)
• CTRL+E (Open the Search bar)
• CTRL+F (Start the Find utility)
• CTRL+H (Open the History bar)
• CTRL+I (Open the Favorites bar)
• CTRL+L (Open the Open dialog box)
• CTRL+N (Start another instance of the browser with the same Web address)
• CTRL+O (Open the Open dialog box, the same as CTRL+L)
• CTRL+P (Open the Print dialog box)
• CTRL+R (Update the current Web page)
• CTRL+W (Close the current window)

OTHER INFORMATION
• Some keyboard shortcuts may not work if StickyKeys is turned on in Accessibility Options.
• Some of the Terminal Services client shortcuts that are similar to the shortcuts in Remote Desktop Sharing are not available when you use Remote Assistance in Windows XP Home Edition.

Menghilangkan Pesan Windows Genuine Advantage (WGA)


Mungkin tip ini sudah gak asing lagi buat temen-temen semua...
Tapi disini saya posting kembali tip ini siapa tahu masih ada yang mengalami lupa-lupa ingat kayak lagunya KUBURAN...hehehehe
Langsung aja ya gak usah banyak penjelasan TU THE POINT....

Langkah – langkahnya nya adalah sebagai berikut :

1. Buka Task Manager dengan Ctrl+Alt+Del
2. Matikan proses yang bernama “wgatray.exe”
3. Restart/reboot komputer dan masuklah ke dalam safe mode
4. Pada safe mode, buka registry editor ato regedit melalui menu Run. Ketik regedit kemudian enter
5. Pada regedit, carilah HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\microsoft\windowsNT\CurrentVersion\Winlogon\Notify, kemudian hapus folder/directory “WGALOGON”
6. Restart kembali komputer seperti biasa…


HATI-HATI DENGAN SPAM..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!




Laporan Symantec Spam & Phishing bulan ini menyebutkan bahwa spam (pesan elektronik sampah) menyumbang 89,35 persen dari keseluruhan pesan di Internet dalam bulan Maret lalu, turun dari 89,99 persen pada Februari.

Sementara itu, pesan scam dan phishing pada bulan Maret mencapai 17 persen dari keseluruhan spam, lebih sedikit 2 persen dari bulan Februari, demikian laporan Symantec melalui e-mail kepada antaranews.com, Kamis....

Setelah gempa bumi tragis di Haiti dan Cili, tidak ada lagi bencana alam baru yang bisa dimanfaatkan oleh spammer. Spammer kini lebih memfokuskan pada event musiman dan event yang tercatat di kalender seperti liburan Paskah untuk mengirimkan pesan spam.

Berdasarkan ukuran file spam, terjadi peningkatan yang cukup besar pada pesan spam yakni antara 5kb dan 10kb (meningkat lebih dari 10 persen).

Symantec mengamati penurunan serangan phishing secara keseluruhan adalah 3 persen dari bulan sebelumnya. Hal ini terutama disebabkan oleh turunnya volume serangan yang berasal dari toolkit otomatis.

Sebanyak 9 persen URL phishing dibuat menggunakan toolkit phishing otomatis, turun sebesar 35% dari bulan sebelumnya.

Ada dua jenis website phishing berbeda yang teramati dalam serangan tersebut. Jenis pertama dibuat menggunakan toolkit phishing otomatis. TLD yang paling sering digunakan adalah ‘.cz’, yang mewakili Republik Ceko.

Pada kasus ini, konsumen diminta memasukan data pribadi mereka pada halaman “Card Holder Form” untuk memenuhi proses verifikasi palsu tersebut.

Serangan kedua berisi URL dengan domain IP (sebagai contoh, URL seperti http://255.255.255.255./index.html). IP tersebut tersimpan dalam server-server yang berbasis di AS.

URL tersebut diketahui sangat panjang, biasanya lebih dari 700 karakter. Dalam serangan-serangan ini, halaman tersebut menanyakan informasi yang sangat pribadi, namun nomor kartu kredit atau debit bisa dimasukkan secara otomatis.

Yang sebaiknya dilakukan:

* Berhenti berlangganan dari milis-milis sah jika Anda tidak ingin menerima pesan lagi.
* Ketika mendaftar untuk menerima email, periksa kembali item-item tambahan apa saja yang Anda inginkan pada saat yang sama.
* Jangan memilih item yang tidak anda inginkan.
* Selektif dalam mendaftarkan alamat email anda ke situs-situs Internet.
* Hindarilah menampilkan alamat email Anda di Internet.
* Gunakan alamat tersendiri ketika mendaftar pada milis tertentu dan miliki beberapa alamat email untuk berbagai tujuan berbeda, atau carilah layanan email sekali pakai.
* Hapus semua spam
* Hindari mengklik link yang mencurigakan dalam email atau pesan IM, karena bisa saja akan menghubungkan ke situs palsu.
* Disarankan untuk mengetik alamat situs langsung pada browser daripada percaya pada link dalam pesan.
* Pastikan bahwa operating system selalu up to date dengan update terbaru, dan gunakan paket software keamanan yang komprehensif.
* Pertimbangkan solusi antispam yang memiliki reputasi baik untuk menangani penyaringan di seluruh organisasi anda.

Yang sebaiknya tidak dilakukan:

* Membuka lampiran dari email yang tidak dikenal karena lampiran dapat menginfeksi komputer Anda.
* Membalas spam karena membalas email spam akan menghasilkan spam-spam lain.
* Mengisi formulir dalam pesan yang meminta informasi pribadi, keuangan dengan password.
* Perusahaan terkemuka tidak mungkin meminta informasi pribadi Anda melalui email. Jika ragu untuk menghubungi perusahaan yang bersangkutan melalui mekanisme independen yang terpercaya, seperti dengan memverifikasi nomor telepon atau alamat Internet.
* Membeli produk atau jasa dari pesan spam.
* Membuka pesan spam.
* Meneruskan peringatan virus apa pun yang anda terima melalui email bisa jadi ini adalah berita bohong (hoax).

Trik Untuk Modem ADSL



Kita ketahui bahwa berdasarkan hukum fisika cepat rambat gelombang pada kabel jauh lebih cepat dibandingkan dengan cepat rambat melalui udara dan oleh karena itu tidak bisa dipungkiri perusahan internet service provider (ISP) berlomba mengembangkan media untuk penggunaan internet, baik sifatnya melalui jaringan kabel atau yang umum disebut dengan teknologi ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) atau melalui media udara / gelombang (tanpa kabel).

Berikut dibawah ini adalah tips dan trik yang hanya diperuntukkan untuk pengguna modem ADSL sebelum anda memanggil teknisi jaringan, jika anda mengalami beberapa masalah dengan internet anda seperti diantaranya :

1. Internet anda lambat
2. Koneksi sering terputus putus
3. Suka susah masuk / browsing

Nach sekarang tinggal pilih dech ... permasalahan mana sech yang sering anda hadapi karena permasalahan seperti internet lambat, koneksi sering terputus putus dan suka susah masuk untuk browsing itu sudah lumrah kok, hal ini disebabkan karena kita sendiri ketika browsing di dunia maya ... supaya hal tersebut tidak menimpa pada diri anda sebagai pengguna internet berikut adalah beberapa hal yang anda harus lakukan diantaranya adalah :

a. Permaslahan yang terdapat pada komputer anda sendiri, diantaranya :

1. Pastikan kondisi LAN Card pada komputer anda, baik / bagus alias tidak rusak
2. Pastikan ketika anda browsing firewall selalu terpasang untuk mencegah mallicius, thread dan lain sebagainya
3. Pastikan update terus anti virus anda untuk mencegah virus yang bergentangan didunia internet agar sistem O.S komputer anda tidak diserang virus beserta variannya
4. Pilih browser yang memiliki minimal firewall sendiri seperti mozilla firefox
5. Pastikan settingan network O.S anda benar dan O.S anda bersih dari virus


b. Permasalahan yang terdapat jaringan hardware anda, diantaranya :

1. Sebaiknya untuk pengguna jaringan ADSL, kabel yang berasal dari tiang telepon atas / luar rumah yang berwarna hitam benar2 mulus alias tidak memiliki sambungan alias langsung menuju ke socket / terminal telepon rumah anda. Hal ini bertujuan agar aliran gelombang yang berasal dari ISP yang anda gunakan benar2 berjalan baik.
2. Pastikan splitter / pembagi antara jaringan telepon dan internet memiliki kondisi yang baik. Sebaiknya sech saran saya 1 tahun sekali diganti, hal ini bertujuan agar kemungkinan terjadi karat pada terminal splliter dapat diantasipasi yang memiliki dampak menghambat laju cepat rambat gelombang.
3. Karat pada terminal socket kabel (RJ 11 dan RJ 45), ini merupakan masalah terbesar dari internet sering lambat, koneksi sering terputus putus, suka susah masuk / browsing karena adanya karat pada socket terminal kabel RJ 11 / RJ 45 yang ikut berperan menghambat laju cepat rambat gelombang. Jadi pastikan sebulan sekali periksa, jika ada anda cukup membersihkannya dengan jalan menggesek terminal yang berkarat tersebut dengan jarum agar korosi / karat yang menempel pada terminal kabel dapat terangkat / terbuang tapi jika karat sudah terlalu parah anda bisa mengganti socket kabel RJ 11 atau RJ 45 tersebut.

Sedangkan untuk penyetingan modem anda dapat lihat disini, semoga artikel ini dapat membantu para pengguna internet agar internetnya jalan sesuai seperti yang anda harapkan.

Asal-Usul WIFI....



Pada akhir 1970-an IBM mengeluarkan hasil percobaan mereka dalam merancang WLAN dengan teknologi IR, perusahaan lain seperti Hewlett-Packard (HP) menguji WLAN dengan RF. Kedua perusahaan tersebut hanya mencapai data rate 100 Kbps.


Karena tidak memenuhi standar IEEE 802 untuk LAN yaitu 1 Mbps maka produknya tidak dipasarkan. Baru pada tahun 1985, Federal Communication Commission (FCC) menetapkan pita Industrial, Scientific and Medical (ISM band) yaitu 902-928 MHz, 2400-2483.5 MHz dan 5725-5850 MHz yang bersifat tidak terlisensi, sehingga pengembangan WLAN secara komersial memasuki tahapan serius. Barulah pada tahun 1990 WLAN dapat dipasarkan dengan produk yang menggunakan teknik spread spectrum (SS) pada pita ISM, frekuensi terlisensi 18-19 GHz dan teknologi IR dengan data rate >1 Mbps.


STANDAR WIRELESS LAN
Pada dasarnya WLAN memiliki dua konfigurasi, pertama ad hoc yaitu penggunaan WLAN pada suatu tempat bersifat sementara dan dibangun tanpa infrastruktur, contohnya dikelas, ruang rapat, ruang seminar, dll. Kedua konfigurasi infrastruktur yaitu penggunaan WLAN pada suatu tempat bersifat permanen dan memiliki infrastruktur, contohnya di kantor, pabrik dll. Untuk membangun WLAN diperlukan banyak elemen yang termasuk ke dalam perangkat keras, perangkat lunak, standarisasi dan pengukuran dan analisis kelayakan (misalnya untuk menentukan posisi antena base station/BS).


Dengan adanya berbagai merek perangkat keras dan lunak, maka diperlukan suatu standar, di mana perangkat-perangkat yang berbeda merek dapat difungsikan pada perangkat merek lain. Standar-standar WLAN adalah IEEE 802.11, WINForum dan HIPERLAN.
Wireless Information Network Forum (WINForum) dilahirkan oleh Apple Computer dan bertujuan untuk mencapai pita Personal Communication Service (PCS) yang tidak terlisensi untuk aplikasi data dan suara dan mengembangkan spectrum etiquette (spektrum yang menawarkan peraturan-peraturan yang sangat minim dan akses yang adil). High Performance Radio Local Area Network (HIPERLAN) dilahirkan oleh European Telekommunications Standards Institute (ETSI) yang memfokuskan diri pada pita 5.12-5.30 GHz dan 17.1-17.3 GHz. IEEE 802.11 dilahirkan oleh Institute Electrical and Electronics Engineer (IEEE) dan berfokus pada pita ISM dan memanfaatkan teknik spread spectrum (SS) yaitu Direct Sequence (DS) dan Frequency Hopping (FH), standar ini adalah yang paling banyak dipakai.


Hal-hal yang perlu diperhatikan pada WLAN adalah :
1. Data rate tinggi (>1 Mbps), daya rendah dan harga murah.
2. Metode akses yaitu metode membagi kanal kepada banyak pemakai dengan aturan-aturan tertentu.
3. Media transmisi yang merupakan faktor penting pada keterbatasan data rate dan memiliki teknik tersendiri, di mana bila teknik yang berhubungan dengan media transmisi (seperti teknik propagasi dalam ruangan, teknik modulasi dll) dapat diperhitungkan dengan baik maka akan dihasilkan sistem WLAN yang tangguh.
4. Topologi yaitu cara dan pola yang digunakan dalam menghubungkan semua terminal.

Lapisan Fisik dan Topologi


WLAN menggunakan standar protokol Open System Interconnection (OSI) [8]. OSI memiliki tujuh lapisan di mana lapisan pertama adalah lapisan fisik. Lapisan pertama ini mengatur segala hal yang berhubungan dengan media transmisi termasuk di dalamnya spesifikasi besarnya frekuensi, redaman, besarnya tegangan dan daya, interface, media penghubung antar-terminal dll. Media transmisi data yang digunakan oleh WLAN adalah IR atau RF.

• Infrared (IR)
Infrared banyak digunakan pada komunikasi jarak dekat, contoh paling umum pemakaian IR adalah remote control (untuk televisi). Gelombang IR mudah dibuat, harganya murah, lebih bersifat directional, tidak dapat menembus tembok atau benda gelap, memiliki fluktuasi daya tinggi dan dapat diinterferensi oleh cahaya matahari. Pengirim dan penerima IR menggunakan Light Emitting Diode (LED) dan Photo Sensitive Diode (PSD). WLAN menggunakan IR sebagai media transmisi karena IR dapat menawarkan data rate tinggi (100-an Mbps), konsumsi dayanya kecil dan harganya murah. WLAN dengan IR memiliki tiga macam teknik, yaitu Directed Beam IR (DBIR), Diffused IR (DFIR) dan Quasi Diffused IR (QDIR).

1. DFIR Teknik ini memanfaatkan komunikasi melalui pantulan . Keunggulannya adalah tidak memerlukan Line Of Sight (LOS) antara pengirim dan penerima dan menciptakan portabelitas terminal. Kelemahannya adalah membutuhkan daya yang tinggi, data rate dibatasi oleh multipath, berbahaya untuk mata telanjang dan resiko interferensi pada keadaan simultan adalah tinggi.
2. DBIR Teknik ini menggunakan prinsip LOS, sehingga arah radiasinya harus diatur .
Keunggulannya adalah konsumsi daya rendah, data rate tinggi dan tidak ada multipath. Kelemahannya adalah terminalnya harus fixed dan komunikasinya harus LOS.
3. QDIR Setiap terminal berkomunikasi dengan pemantul, sehingga pola radiasi harus terarah. QDIR terletak antara DFIR dan DBIR (konsumsi daya lebih kecil dari DFIR dan jangkaunnya lebih jauh dari DBIR).

• Radio Frequency (RF) Penggunaan RF tidak asing lagi bagi kita, contoh penggunaannya adalah pada stasiun radio, stasiun TV, telepon cordless dll. RF selalu dihadapi oleh masalah spektrum yang terbatas, sehingga harus dipertimbangkan cara memanfaatkan spektrum secara efisien. WLAN menggunakan RF sebagai media transmisi karena jangkauannya jauh, dapat menembus tembok, mendukung teknik handoff, mendukung mobilitas yang tinggi, meng-cover daerah jauh lebih baik dari IR dan dapat digunakan di luar ruangan. WLAN, di sini, menggunakan pita ISM (Tabel 1) dan memanfaatkan teknik spread spectrum (DS atau FH).
1. DS adalah teknik yang memodulasi sinyal informasi secara langsung dengan kode-kode tertentu (deretan kode Pseudonoise/PN dengan satuan chip).
2. FH adalah teknik yang memodulasi sinyal informasi dengan frekuensi yang loncat-loncat (tidak konstan). Frekuensi yang berubah-ubah ini dipilih oleh kodekode tertentu (PN).


Media transmisi RF (Radio Frequency) termasuk elemen yang sangat penting. Media RF menentukan banyak hal diantaranya teknik transmisi, hasil pengukuran untuk perencanaan dan analisa kelayakan dll. Dan hal-hal yang telah ditentukan oleh media RF di atas dapat membantu perencanaan sistem WLAN yang unggul.


WLAN dengan RF memiki beberapa topologi sebagai berikut :


• Tersentralisasi Nama lainnya adalah star network atau hub based. Topologi ini terdiri dari server dan beberapa terminal pengguna di mana komunikasi antara terminal harus melalui server terlebih dahulu. Keunggulannya adalah daerah cakupan luas, transmisi relatif efisien dan desain terminal pengguna cukup sederhana karena kerumitan ada pada server. Kelemahannya adalah delay-nya besar dan jika server rusak maka jaringan tidak dapat bekerja.
• Terdistribusi Dapat disebut peer to peer di mana semua terminal dapat berkomunikasi satu sama lain tanpa memerlukan pengontrol (servers). Di Topologi ini dapat mendukung operasi mobile dan merupakan solusi ideal untuk jaringan ad hoc. Keunggulannya jika salah satu terminal rusak maka jaringan tetap berfungsi, delay-nya kecil dan kompleksitas perencanaan cukup minim. Kelemahannya adalah tidak memiliki unit pengontrol jaringan (kontrol daya, akses dan timing).
• Jaringan selular Jaringan ini cocok untuk melayani daerah dengan cakupan luas dan operasi mobile. Keunggulannya adalah dapat menggabungkan keunggulan dan menghapus kelemahan dari ke dua topologi di atas. Kelemahannya adalah memiliki kompleksitas perencanaan yang tinggi.

Media wireless yang tidak kasat mata menawarkan cukup banyak keuntungan bagi penggunanya. Berikut ini adalah beberapa keuntungannya:


• Meningkatkan Produktivitas Jaringan WLAN sangat mudah untuk diimplementasikan, dapat meneruskan informasi tanpa seutas kabel pun, sangat fleksibel karena bisa diimplementasikan hampir di semua lokasi dan kapan saja, dan pengguna pun tidak terikat di satu tempat saja. Para penggunanya tentu dapat melakukan pekerjaan dengan lebih mudah, akibatnya pekerjaan menjadi lebih cepat dilakukan. Berdasarkan faktor inilah, wireless LAN tentunya dapat secara tidak langsung meningkatkan produktivitas kerja dari para penggunanya.
• Cepat dan sederhana implementasinya Implementasi jaringan WLAN terbilang mudah dan sederhana. Mudah karena hanya perlu memiliki sebuah perangkat penerima dan pemancar untuk membangun sebuah jaringan wireless.
• Fleksibel Media wireless LAN dapat menghubungkan Anda dengan jaringan pada tempat-tempat yang tidak bisa diwujudkan oleh media kabel. Jadi fleksibilitas media wireless ini benar-benar tinggi karena Anda bisa memasang dan menggunakannya di mana saja dan kapan saja, misalnya di pesta taman, di ruangan meeting darurat, dan banyak lagi.
• Dapat mengurangi biaya investasi Wireless LAN sangat cocok bagi Anda yang ingin menghemat biaya yang akan dikeluarkan untuk membangun sebuah jaringan komunikasi data. Tanpa kabel berarti juga tanpa biaya, termasuk biaya kabelnya sendiri, biaya penarikan, biaya perawatan, dan masih banyak lagi.
• Skalabilitas
Dengan menggunakan media wireless LAN, ekspansi jaringan dan konfigurasi ulang terhadap sebuah jaringan tidak akan rumit untuk dilakukan seperti halnya dengan jaringan kabel. Di sinilah nilai skalabilitas jaringan WLAN cukup terasa.

WiFi ( Wireless Fidelity)


Istilah WI-FI diciptakan oleh sebuah organisasi bernama WI-FI alliance yang bekerja menguji dan memberikan sertifikasi untuk perangkat-perangkat WLAN. Teknologi WLAN (menggunakan standar radio 802.11 yang sekarang umum disebut dengan WiFi) telah menjadi teknologi inventori yang handal. Sekarang kondisinya meluas.


Perangkat wireless diuji berdasaarkan interoperabilitasnya dengan perangkatperangkat wireless lain yang menggunakan standar yang sama. Setelah diuji dan lulus, sebuah perangkat akan diberi sertifikasi “WI-FI certified”. Artinya perangkat ini bisa bekerja dengan baik dengan perangkat-perangkat wireless lain yang juga bersertifikasi ini. WI-FI sudah banyak digunakan di berbagai sektor seperti bisnis, akademis, perumahan, dan banyak lagi. Teknologi WiFi ini dapat juga digunakan untuk kegiatan memindahkan inventori secara cepat, memobilisasi para floor manager dan meningkatkan kepuasaan pelanggan.

Standarisasi Wifi 802.11a


Standard 802.11a, adalah model awal yang dibuat untuk umum. Mengunakan kecepatan 54Mbps dan dapat mentranfer data double dari tipe g dengan kemampuan bandwidth 72Mbps atau 108Mbps. Sayangnya sistem ini tidak terlalu standard, karena masing masing vendor atau pabrikan memberikan standard tersendiri. 802.11a mengunakan frekuensi tinggi pada 5Ghz sebenarnya sangat baik untuk kemampuan tranfer data besar. Tetapi 802.11a memiliki kendala pada harga , komponen lebih mahal ketika perangkat ini dibuat untuk publik dan jaraknya dengan frekuensi 5GHz konon lebih sulit menembus ruang untuk kantor. Pemilihan 5Ghz cukup beralasan, karena membuat pancaran signal frekuensi 802.11a jauh dari gangguan seperti oven microwave atau cordless phone pada 2GHz, tetapi frekuensi tinggi juga memberikan dampak pada daya jangkau relatif lebih pendek 802.11b.

Sempat menjadi dominasi pemakaian tipe b. Standard 802.11b mengunakan frekuensi 2.4GHz. Standard ini sempat diterima oleh pemakai didunia dan masih bertahan sampai saat ini. Tetapi sistem b bekerja pada band yang cukup kacau, seperti gangguan pada Cordless dan frekuensi Microwave dapat saling menganggu bagi daya jangkaunya. Standard 802.11b hanya memiliki kemampuan tranmisi standard dengan 11Mbps atau rata rata 5MBbit/s yang dirasakan lambat, mendouble (turbo mode) kemampuan wireless selain lebih mahal tetapi tetap tidak mampu menandingi kemampuan tipe a dan g. 802.11g.

Standard yang cukup kompatibel dengan tipe 802.11b dan memiliki kombinasi kemampuan tipe a dan b. Mengunakan frekuensi 2.4GHz mampu mentransmisi 54Mbps bahkan dapat mencapai 108Mbps bila terdapat inisial G atau turbo. Untuk hardware pendukung, 802.11g paling banyak dibuat oleh vendor. Secara teoritis mampu mentranfer data kurang lebih 20Mbit/s atau 4 kali lebih baik dari tipe b dan sedikit lebih lambat dari tipe a.Karena mengunakan c.

Access Point
Access point atau yang lebih sering disebut dengan istilah AP merupakan sebuah perangkat penghubung antara jaringan wire dengan wireless. Maksudnya sebuah AP akan bertugas mengubah data yang lalu lalang di media kabel menjadi sinyal-sinyal radio yang dapat ditangkap oleh perangkat wireless. AP akan menjadi gerbang bagi jaringan wireless untuk dapat berkomunikasi dengan dunia luar maupun dengan antarsesama perangkat wireless di dalamnya.
Biasanya pada perangkat AP terdapat satu atau lebih interface untuk media kabel. Interface media kabel tadi akan dibridging oleh AP tersebut ke dalam bentuk sinyalsinyal radio, sehingga perangkat wireless dengan kabel tadi dapat terkoneksi. Access point sangat dibutuhkan jika Anda ingin membuat sebuah infrastruktur jaringan wireless. Dengan menggunakan AP, maka sebuah jaringan komunikasi akan terbentuk tidak hanya dua atau tiga perangkat saja yang dapat berkomunikasi tetapi cukup banyak yang dapat saling berbicara dengan perantara sinyal radio ini.

Pengaplikasian AP yang banyak dilakukan saat ini adalah melakukan pembagian bandwidth Internet dari link Internet ADSL atau Kabel, sehingga dapat digunakan oleh banyak orang. Namun jika Anda ingin membangun koneksi hanya dengan sebuah perangkat wireless lainnya, AP tidaklah mutlak diperlukan. Anda dapat mengoperasikan perangkat wireless Anda dalam mode peer-to-peer atau yang lebih dikenal dengan istilah mode Ad-Hoc. Tetapi, kekurangan dari komunikasi mode Ad-Hoc ini Anda tidak dapat membangun jaringan wireless yang luas karena memang sifatnya yang Point-to-Point.

Sistem WLAN, terlepas dari keterbatasan perangkat AP, dapat melayani pengguna dalam jumlah yang tidak terbatas. Para penggunanya dapat menambahkan
APAP baru jika memang jumlah pengguna yang akan dilayaninya semakin membengkak.
Dengan memasang banyak AP, maka banyak sekali keuntungan yang didapat. Anda bisa memanjakan pengguna jaringan wireless dengan bandwidth yang lega, pengguna juga dapat bebas berkeliaran di manapun mereka suka karena area coverage-nya sudah pasti lebih luas, dan jumlah pengguna yang dapat dilayani oleh jaringan ini juga lebih banyak.Jadi sebenarnya sistem WLAN tidak pernah memberikan batasan berapa banyak yang dapat terkoneksi ke sebuah jaringan wireless. Semua tergantung pada kemampuan dan fasilitas perangkatnya.

Sistem Keamanan WLAN


Untuk itu, ada beberapa teknik yang dapat Anda gunakan untuk lebih mempersulit para pengganggu untuk mengacau jaringan wireless Anda. Metode tersebut adalah WEP, WPA, dan 802.1x.
• WEP, Teknik pengaman jaringan wireless yang satu ini merupakan kepanjangan dari Wired Equivalent Privacy. WEP menggunakan sistem enkripsi untuk memproteksi pengguna WLAN dalam level yang paling dasar. WEP memungkinkan administrator jaringan wireless membuat encription key yang akan digunakan untuk mengenkripsi data sebelum dikirimkan melalui jalan udara. Encription key ini biasanya dibuat dari 64 bit key awal dan dipadukan dengan algoritma enkripsi RC4. Ketika fasilitas WEP diaktifkan, maka semua perangkat wireless (AP dan client) yang ada di jaringan harus dikonfigurasi dengan menggunakan key yang sama. Hak akses dari seseorang atau sebuah perangkat akan ditolak jika key yang dimasukkan tidak sama.


• WI-FI Protected Access atau disingkat dengan istilah WPA, merupakan teknik pengaman jaringan wireless LAN yang diklaim lebih canggih dari WEP. Dengan disertai teknik enkripsi yang lebih advanced dan tambahan pengaman berupa otentikasi dari penggunanya, maka WPA akan jauh lebih hebat mengamankan Anda pengguna WLAN.


• 802.1x, Teknik pengaman yang satu ini akan mengharuskan semua pengguna jaringan wireless untuk melakukan proses otentikasi terlebih dahulu sebelum dapat bergabung dalam jaringan. Sistem otentikasinya dapat dilakukan dengan banyak cara, namun sistem otentikasi menggunakan pertukaran key secara dinamik. Sistem pertukaran key secara dinamik ini dapat dibuat dengan menggunakan Extensible Authentication Protocol (EAP).

Tentang WiMAX


Hasil kajian Visant Strategies belum lama ini menunjukkan bahwa pasar 802.16/WiMAX ( Worldwide Interoperability for Microwave Access ) akan mencapai USD 1 miliar pada 2008. Ke depan, meski tak sepenuhnya akan menggantikan jejaring kabel, pengadopsian jejaring nirkabel ini akan semakin banyak dilakukan. Perkiraan nilai pasar ini, mungkin saja akan berubah cepat, terutama bila penerapannya diterima luas di seluruh dunia.

Sejak dikembangkannya perangkat-perangkat berbasis nirkabel 802.11b, yang dikenal sebagai Wi-Fi ( wireless fidelity ), yang penerapannya untuk publik disebut HotSpot, tingkat pengadopsian teknologi nirkabel ini bukan saja lebih luas, kecepatan transfer datanya pun semakin meningkat. Karenanya, banyak perangkat-perangkat yang berbasis 802.11b (11 MB pada 2,4 GHz) digantikan dengan yang lebih cepat, seperti 802.11g (54 MB pada 2,4 GHz) dan, untuk beberapa hal tertentu, oleh 802.11a (54 MB pada 5 GHz), yang semuanya berada dalam jangkauan komunikasi nirkabel lokal (LAN, local area network ).


Perkembangan lanjutannya, sebagaimana dinyatakan Sean Maloney, executive vice president of Intel’s Communications group , adalah WiMAX, yang dapat menjangkau radius area 30 mil, yang cocok digunakan baik untuk area perkotaan maupun pedesaan.
WiMAX bukan akan menjadi satu-satunya backbone komunikasi berbasis broadband , karenanya, nantinya, berbagai perangkat nirkabel akan dapat memanfaatkan keduanya, baik WiMAX maupun Wi-Fi.


Dengan begitu, WiMAX sebenarnya merupakan versi perpanjangan dari Wi-Fi, yang umumnya lebih banyak digunakan untuk di dalam ruangan ( indoor ), meski untuk outdoor -nya juga dimungkinkan, tetapi biayanya lebih besar. Kapasitas dan kecepatannya jelas lebih besar dengan cakupan yang lebih luas. “Untuk area seluas Jabotabek ini, perkiraannya cukup dipasangi 5 sampai 7 BTS dan itu sudah mencakup area komunikasi nirkabel broadband yang bisa melayani berbagai layanan yang selama ini dijangkau jejaring kabel”, Dede Rusnandar, Marketing Director, IM2 . WiMAX, meski disebut sebagai berstandar 802.16, kenyataan tak hanya itu. Menurut Dean Chang, Director of Product Management , Aperto Networks dan anggota forum WiMAX (www.wimaxforum.org), ” WiMAX juga merupakan upaya standarisasi antara IP berbasis 802.16 dan WMAN ( Wireless Metropolitan Network ) broadband berbasis ETSI High-Performance Radio Metropolitan Area Network (HiperMAN) dan dan kelompok industri yang bekerja mencapai tujuan itu. Dengan begitu, perangkat-perangkat yang berstandar WiMAX dapat digunakan baik berbasis HiperMAN (Eropa) dan 802.16.”


WiMAX sendiri, sebenarnya memiliki beberapa standar, antara lain: 802.16a, sebagai langkah lanjutan dari Wi-Fi, untuk akses nirkabel broadband , baik tetap maupun bergerak, dalam wide area network (WAN). Standar ini juga diharapkan akan berperan besar pada alses outdoor dan jejaring privat. Sedang, untuk mendukung mobilitas yang lebih luas digunakan standar WiMAX 802.16e. Saat ini, forum WiMAX, yang digagas oleh Nokia dan Ensemble Communications Inc., telah didukung oleh lebih dari 180 perusahaan, antara lain Fujitsu, BT, Intel, Pacific Century Cyberworks (PCCW), China Mobile Telecom, France Telecom, Alcatel, Telenor dan Qwest.


Ini menunjukkan bahwa WiMAX mendapat perhatian yang sangat besar dari kalangan perusahaan atau operator yang tertarik untuk mengembangkan komunikasi nirkabel broadband kecepatan tinggi yang terkategori generasi keempat (4G). Di Asia, Negaranegara seperti Jepang, Korea Selatan, China, India, Malaysia dan Indonesia menunjukkan ketertarikannya pada WiMAX ini, terutama karena kemampuan broadband -nya, yang efisien dan mencakup area yang lebih luas. Yang menarik, tak seperti komunikasi generasi kedua (2G) dan ketiga (3G), WiMAX (4G) ini dapat diintegrasikan dengan jejaring kabel Ethernet. Ini semakin memungkinkan pedesaan di pedalaman dapat terhubung menggunakan jejaring kabel Ethernet menggunakan telepon IP (VoIP). Komunikasi data paket berbasis IP (Protokol Internet) dapat dioptimalkan oleh WiMAX.


Meskipun standar WiMAX tak memasukkan dukungan penuh terhadap perangkat bergerak (karena tak ditujukan untuk mematikan 3G, seperti PDA ( personal digital assistant ) dan ponsel, namun kehadirannya sangat revolusioner, yang boleh dikata akan mengancam duopoli cable modem/DSL ( Digital Subscriber Line ). Dengan WiMax, nantinya, selain jangkauan layanannya yang lebih luas dan menutup blankspot, juga koneksi akan tersedia di mana saja ( always on ).


Namun, jika standar 802.16e disahkan, maka WiMAX berarti juga mendukung penggunaan perangkat bergerak (selain komunikasi nirkabel tetap). Sedang standar yang sepenuhnya mendukung perangkat bergerak adalah 802.20. Diperkirakan pada tahun 2006 mendatang ini laptop berbasis WiMAX sudah akan ada di pasar. Penggunaan lain dari jejaring WiMAX ini, tampaknya potensial juga untuk penerapan perusahaanperusahaan besar, yang memiliki puluhan kantor cabang atau juga pemerintahan (eGovernment).
Menurut John Muleta, chief of the Wireless Telecommunications Bureau , apa yang sesungguhnya dijanjikan WiMAX adalah untuk menjawab mimpi-mimpi para pengguna komputer dan operator. “Tak ada lagi kabel, tak ada serat optik, sama sekali tak ada lagi kabel alias nirkabel!”. Diperkirakan, WiMAX akan dilanggani oleh tak kurang dari 150 sampi 200 juta pelanggan tahun 2010 mendatang. Dan, ketika jejaring WiMAX ini terpasang, maka biaya pemasangan dan operasinya pun 41 persen lebih rendah dibanding jejaring kabel atau DSL yang ada saat ini.


Meskipun dalam waktu dekat ini, belum akan tersedia di rumah atau di kantor Anda, dan roaming belum akan terjadi hingga tahun 2007 mendatang, namun akses Internet sudah dapat dilayani dalam kapasitas broadband nirkabel, sehingga memungkinkan Anda browsing Internet sambil mengendarai mobil, di kereta api atau di mana saja. Artinya, benar-benar mendukung mobilitas Anda, karena aksesnya tersedia di mana-mana.


Harapannya, kalau dalam layanan komunikasi suara berbasis nirkabel dapat mengurangi 40% biayanya dibandingkan layanan berbasis kabel, dengan WiMAX nilai ekonomis yang sama akan terjadi dalam layanan komunikasi data. META Group memperkirakan bahwa WiMAX akan membuktikan suatu keuntungan ekonomis bagi kalangan penyedia layanan, setidaknya dalam empat kunci penting. Yakni, mengurangi belanja modal ( capex ) hingga di bawah USD 240 per pelanggan tahun 2001; mengurangi biaya operasional ( opex ) hingga 41% dibandingkan koneksi kabel pada periode yang sama; mengurangi keluhan pelanggan melalui peningkatan kepuasan pelanggan; dan memiliki layanan yang sangat terdiferensiasi.


Penerapan WiMAX akan melewati tiga fase. Pertama, penggunaan teknologi WiMAX berbasis spesifikasi IEEE 802.16d dengan menggunakan antena luar untuk melayani pelanggan yang dikenal di suatu lokasi tertentu. Fase kedua, pengembangan antena luar, meningkatkan peran teknologi WiMAX melalui penerapan di lokasi si pelanggan. Fase ketiga, meluncurkan spesifikasi IEEE 802.16e, dimana perangkat keras WiMAX - Certified tersedia sebagai solusi portabel untuk para pengguna yang akan melakukan roaming antar wilayah layanan (komunikasi data, suara dan video) yang akan menghubungkan layanan Wi-Fi yang ada sekarang ini. Menurut Edward Rerisi, Director of Research, Allied Business Intelligence , bahwa, “Dari sudut pandang operator, memberikan mereka standar nirkabel broadband dan biaya pembelian perangkat yang lebih murah. Standar baru ini diharapkan akan mendorong nilai kompetitif, biaya yang murah dan pangsa pasar yang besar. Juga menguntungkan para vendor karena banyak yang membeli perangkat dan para konsumen pun dapat menikmati akses kapasitas besar yang cepat – sekitar 75 Mbps baik uplink maupun downlink .”


Di sisi lain, Craig Mathias, seorang analis dari FarPoint Group , menyatakan bahwa WiMAX memiliki dua penggerak: pertama, berbiaya lebih rendah untuk koneksi nirkabel antar titik ke titik yang bersifat tetap dan interoperabilitas. Lebih dari itu, karena teknologi microwave sudah lama tersedia, jadi ia tak sensitif terhadap harga. Meskipun ada pro kontra, namun WiMAX akan segera tersedia. Apakah berbagai pengembangan yang berbasis broadband ini akan saling mematikan?


Sean Maloney, executive vice president of Intel’s Communications group, bahwa baik Wi-Fi, WiMAX, WCDMA, maupun 3G, tak akan saling mematikan, melainkan di antara teknologi ini akan saling tumpang tindih.

SEMOGA BISA MEMBANTU....
ADVERTISER
  • ROXX SHARE
  • PRESENTS
  • WIDGETS
  • TEMPLATES
  • WORM TECHNIQUES
  • INSPIRATIONS

komentar Anda

Entri Populer

Follow by Email

Administrator Sistem Admin
If my blog useful, please donate to my account, whatever ...

No Rek : 1742102437
A/N : Eko Wahyono


FB